Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Peringatkan Masyarakat Tak Pinjam Uang Fintech di Luar Kemampuan

OJK menemukan adanya perilaku kurang bijak dari masyarakat dalam melakukan pinjaman di fintech.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 13 April 2021  |  15:00 WIB
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingatkan masyarakat untuk meminjam uang di batas kemampuan.

Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara menjelaskan pernah menemui seseorang yang meminjam uang dari 40 finansial teknologi (fintech) dalam 1 minggu. Tirta pun tidak menyebutkan jumlah nominalnya.

Dia menegaskan tindakan tersebut melebihi batas kemampuan orang tersebut dalam membayar kembali.

"Bahkan kami menemukan beberapa kasus, seorang konsumen meminjam lebih dari 40 fintech dalam 1 minggu. Ini kurang bijak dan di luar kemampuannya," ungkap Tirta dalam webinar Melindungi Masyarakat dari Jeratan Fintech & Investasi Ilegal pada Selasa (13/4/2021).

Dia pun menjelaskan banyak masyarakat yang mengadu ke OJK karena mengalami kerugian setelah meminjam uang dari fintech. Namun, tidak disangka penyebabnya bukan karena fintech abal-abal melainkan masyarakat sendiri yang meminjam uang di luar batas kemampuannya.

“Ada kasus pengaduan terhadap fintech ilegal, yang berujung masyarakat meminta dicarikan jalan keluar oleh OJK karena tidak mampu membayar utangnya. Namun, ketika OJK telusuri, masyarakat tersebut meminjam lebih dari 10 fintech,” ujarnya.

Tirta pun mengatakan adanya perilaku kurang bijak dari masyarakat dalam melakukan transaksi. OJK, lanjutnya, sebagai otoritas yang memberikan lisensi atau izin kepada fintech, hanya bisa menjangkau yang terdaftar di OJK.

“Maka dari itu selalu liat legalitasnya. OJK pun sudah ada layanan untuk bertanya apakah fintech ataupun investasi sudah terdaftar atau belum. Konsumen bisa cek ke kontak OJK di 157 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor 081-157157157,” ujar Tirta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

utang OJK fintech
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top