Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Jenius: Punya Aset Properti jadi Tujuan Finansial Utama bagi Kaum Wanita

Sebanyak 93 persen responden mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri.
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com

Bisnis.com, JAKARTA – Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Jenius, memiliki aset properti menjadi tujuan finansial utama dari kaum wanita.

Adapun, dari survei yang sama menghasilkan bahwa mayoritas responden mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri.

Survei tersebut diikuti oleh 4.354 responden. Sebanyak 93 persen responden mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri, serta 94 persen responden juga setuju jika perempuan dapat meneruskan karir dan mewujudkan impiannya setelah menikah.

Dari situ, lima tujuan finansial utama yang ingin mereka capai adalah memiliki aset properti (30 persen), financial freedom (26 persen), menyiapkan dana pensiun (18 persen), investasi (17 persen) dan tujuan personal lainnya seperti memulai bisnis & melanjutkan pendidikan (9 persen). 

Bagi mereka yang telah menikah, sebanyak 60 persen setuju keuangan keluarga dikelola oleh perempuan.  

Lebih lanjut lagi, berdasarkan Jenius Studi yang bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi yang melibatkan 278 responden perempuan berusia 26-40 tahun, terungkap lima topik yang paling banyak dicari selama pandemi adalah investasi (26 persen), Covid-19 (22 persen), financial planning (12 persen), memasak (11 persen), dan bisnis (11 persen).

Cara digital savvy perempuan beradaptasi dan tetap bahagia selama pandemi adalah menonton atau mencari hiburan (18 persen), bersyukur (16 persen), berpikir positif (16 persen), menekuni hobi (11 persen), dan olah raga (9 persen).

Tiga barang yang paling sering dibeli secara online ketika pandemi adalah make up/skincare (50 persen), produk fashion (39 persen), dan produk kesehatan (26 persen).

Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN mengatakan berdasarkan jajak pendapat dan Jenius Studi yang telah dilakukan, digital savvy perempuan memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan cita-cita, tahu tujuan finansial yang ingin dicapai, memiliki peran penting dalam mengelola keuangan keluarga, dan ingin terus mengembangkan diri setelah menikah.

"Mereka juga memiliki caranya masing-masing untuk beradaptasi dan tetap bahagia di tengah pandemi. Karenanya, Jenius ingin menghadirkan berbagai inovasi yang memungkinkan untuk digunakan sesuai kebutuhan hidup mereka, atau #LakukanDenganCaramu,” jelas Anita dalam keterangan resmi, Selasa (27/4/2021).

Jenius, layanan digital Banking BTPN meluncurkan program Month of Women bertujuan untuk mengapresiasi perempuan Indonesia.

Terinspirasi dari International Women’s Day dan Hari Kartini, Jenius mengajak perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian dan tujuan dalam hidup, karir, bisnis, dan keuangan mereka.

Jenius juga mengapresiasi cara unik perempuan Indonesia dalam beradaptasi menjalani hidup dan mengelola keuangan selama pandemi.

Anita menjelaskan latar belakang program Month of Women, yaitu Jenius percaya bahwa perempuan memiliki peran penting dalam mengelola banyak hal, termasuk soal finansial. 

Perusahaan mendengar kisah-kisah inspiratif tentang cara para wanita dalam mewujudkan impian, mengelola keuangan, dan beradaptasi dalam situasi saat ini. 

"Melalui program Month of Women, kami ingin lebih banyak mendengar kisah-kisah inspiratif tersebut sekaligus menyebarkan semangat ini kepada lebih banyak perempuan Indonesia agar dapat membangun support system untuk terus bertumbuh bersama,” jelas Anita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper