Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Beberkan Strategi Dorong Inovasi Keuangan Digital di Indonesia. Apa Saja?

OJK menginisiasi beberapa rencana aksi dalam mendorong inovasi keuangan digital.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  15:24 WIB
Pengunjung gerai Slik menunggu panggilan petugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Bisnis - Abdurachman
Pengunjung gerai Slik menunggu panggilan petugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan strategi rencana aksi dalam mendorong inovasi keuangan digital (IKD) di Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan industri financial technology (fintech) di Indonesia saat ini menghadapi banyak tantangan, termasuk persaingan dengan industri jasa keuangan.

"Fintech menghadapi tantangan, termasuk persaingan dengan industri jasa keuangan seperti perbankan dan pelaku industri BigTech," ujar Nurhaida dalam keterangan resmi, Jumat (7/5/2021).

OJK pun menginisiasi beberapa rencana aksi dalam mendorong IKD yaitu meningkatkan perlindungan konsumen di era digital, termasuk peningkatan literasi keuangan digital dan praktik pengelolaan keluhan

“Termasuk meningkatkan privasi dan perlindungan data konsumen, meningkatkan regulasi dan pengawasan fintech, termasuk penggunaan teknologi regulasi [regtech] dan pengawasannya,” papar Nurhaida

Adapun OJK ingin meningkatkan dialog dan dukungan inovasi, seperti innovation hub, kegiatan knowledge sharing, regulatory sandbox, koordinasi para pelaku di ruang lingkup regional dan global.

“Serta OJK akan fokus pada peningkatan perbaikan praktik industri fintech yang tengah berkembang termasuk pada unsur keamanan siber, pencegahan penipuan, dan manajemen risiko. OJK pun mendukung ekosistem fintech [investment climate],” kata Nurhaida.

OJK juga akan menyediakan dan meningkatkan kegiatan pelatihan bagi sektor fintech dan meningkatkan regulasi capacity building.

“Terakhir OJK juga meningkatkan akses terhadap infrastruktur digital, identitas digital, e-KYC, dan open banking,” tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK Layanan Keuangan Digital fintech
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top