Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh Modal? Simak Persyaratan Daftar KUR BNI!

KUR di BNI adalah layanan pinjaman dana yang diberikan kepada para pelaku usaha kecil, usaha mikro, koperasi yang dipakai sebagai modal kerja.
Pegawai BNI sedang berbincang-bincang dengan debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI/Dokumen BNI
Pegawai BNI sedang berbincang-bincang dengan debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI/Dokumen BNI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyediakan kuota kredit usaha rakyat (KUR) sebanyak Rp32 triliun, meningkat Rp 10 triliun dari tahun lalu.

Melansir dari situ resmi bni.co.id, perseroan menyampaikan KUR di BNI adalah layanan pinjaman dana yang diberikan kepada para pelaku usaha kecil, usaha mikro, koperasi yang dipakai sebagai modal kerja.

KUR BNI ini bisa memberikan dana pinjaman sampai Rp500 juta dengan tenor yang bisa disesuaikan untuk pemakaian kredit.

Biasanya Bank BNI memberikan jangka waktu untuk melunasi selama 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi. Bunga yang ditawarkan untuk KUR BNI ini adalah 6 persen.

KUR BNI juga memiliki jenisnya masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis-jenis KUR BNI antara lain:

1. KUR Mikro: Diberikan untuk pembiayaan usaha yang sudah berjalan, bisa pinjam sampai Rp 25 juta dengan tenor 3 tahun.

2. KUR Ritel: Diberikan untuk pengembangan usaha kepada pengusaha dengan plafon Rp 25 juta sampai Rp 500 juta tenornya 5 tahun.

3. KUR TKI: Diberikan khusus bagi calon TKI yang akan berangkat ke negara lain untuk bekerja, plafon sampai Rp 25 juta dengan tenor 3 tahun. Hanya disediakan bagi negara tujuan Singapura, Taiwan, Hong Kong, Brunei, Jepang, Korea, dan Malaysia.

4. KUR TANI: Diberikan kepada petani dengan tenor 5 bulan atau selama masa tanam. Untuk petani tanam padi bisa mendapat pinjaman sebesar Rp 22 juta dan petani tanam jagung sebesar Rp 15 juta.

Adapun syarat pengajuan KUR di BNI adalah nasabah sudah menjalankan usahanya minimal selama 6 bulan, calon debitur tidak sedang menerima kredit usaha dari bank lain atau tidak sedang menerima kredit program pemerintah.

Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, melengkapi syarat dokumen seperti KTA, Kartu Keluarga, fotokopi surat keterangan menikah bagi mereka yang sudah menikah dan melampirkan syarat dokumen legalitas usaha seperti SIUP, TDP, SITU, HO, atau surat keterangan usaha yang diterbitkan dari kelurahan/kecamatan.

Setelah itu menyertakan NPWP jika mengajukan KUR di atas Rp50 juta, melampirkan fotokopi bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, BPKB sebagai agunan/jaminan jika mengajukan di atas Rp 50 juta

Bagi yang mengajukan kredit di bawah Rp50 juta tidak wajib menyertakan bukti kepemilikan sebagai jaminan. Maksimal jangka waktu pelunasan adalah 5 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper