Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Genjot Kredit UMKM, CIMB Niaga Kolaborasi dengan Fintech

Sampai dengan April 2021, jumlah outstanding pinjaman dalam negeri mencapai Rp15,32 triliun atau tumbuh 7,92% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 28 Juni 2021  |  22:10 WIB
Genjot Kredit UMKM, CIMB Niaga Kolaborasi dengan Fintech
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. terus meningkatkan kerja sama dengan perusahaan pembiayaan untuk memudahkan perseroan memperluas penyaluran kredit, khususnya ke segmen UMKM. 

Baru-baru ini CIMB Niaga menggandeng PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) untuk menyalurkan pembiayaan kepada UMKM. Batumbu merupakan perusahaan tersebut merupakan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak di bidang pembiayaan UMKM dan telah resmi memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan perseroan menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp50 miliar pada awal kerja sama tersebut.

Selain dengan Batumbu, CIMB Niaga memiliki kerja sama dengan beberapa fintech lainnya. Kerja sama antara bank dengan fintech dibutuhkan untuk menjangkau lebih banyak pengusaha UMKM.

"Kami akan terus explore potensi kerja sama dengan fintech yang mempunyai reputasi baik ke depannya. Tujuannya supaya menjadi suatu ekosistem yang baik antara Bank dan para pelaku fintech, supaya kami dapat melayani lebih banyak pengusaha UMKM di Indonesia," terangnya ketika dikonfirmasi, Senin (28/6/2021).

Meski tidak menyebutkan nominal nilainya, Tony menyebutkan penyaluran kredit UMKM melalui fintech dapat tumbuh sekitar 10%-15% yoy pada tahun ini. Dengan pertumbuhan tersebut, kerja sama dengan fintech sangat membantu untuk pertumbuhan penyaluran kredit UMKM.

Lebih lanjut, kerja sama bank dengan fintech ditargetkan dapat menyumbang sekitar 4%-5% dari total penyaluran kredit UMKM pada tahun ini. Demikian pula, kerja sama ini dapat menyumbang sekitar 4%-5% dari pendapatan bisnis UMKM CIMB Niaga.

"Wacana kami fintech bisa kontribusi penyaluran kredit 4%-5% pada tahap awal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit cimb niaga
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top