Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LinkAja Genjot Transaksi Segmen Hobi dan Hiburan di Era Pandemi

Hal ini menilik fenomena kecenderungan hanya layanan hiburan secara virtual yang bisa dipilih masyarakat, akibat akses hiburan konvensional yang terdampak pembatasan sosial.
Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja memberikan pemaparan di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja memberikan pemaparan di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - LinkAja, platform teknologi finansial (fintech) pembayaran dan dompet digital besutan PT Fintek Karya Nusantara melihat potensi transaksi berkaitan 'hiburan ala pandemi' bakal bertumbuh pesat.

Corporate Communication Associate LinkAja Reiner Benarya menjelaskan transaksi dari segmen hiburan bercermin dari fenomena kecenderungan hanya layanan hiburan secara virtual yang bisa dipilih masyarakat, akibat akses hiburan konvensional terdampak pembatasan sosial.

Misalnya, layanan transaksi subscription video on demand atau plaform streaming film, drama, olahraga, langganan platform pemutar musik, sampai pembelian voucher game, dan pembelian kuota internet yang menopang kebutuhan tersebut.

"Betul, di periode ini kuartal II/2021 ini memang salah satu use-case dengan kenaikan terbesar di LinkAja digital product, terutama kontribusi dari paket data telekomunikasi, voucher streaming, dan pembayaran di platform games partner dari LinkAja," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (13/7/2021).

Reiner pun mengungkap bahwa dari lebih dari 68 juta pengguna terdaftar LinkAja, peningkatan users pada segmen ini mampu mencapai tiga kali lipat dibandingkan jumlah pengguna di akhir tahun lalu.

Oleh sebab itu, LinkAja memahami bahwa langkah kemitraan strategis dengan para platform penyedia layanan tersebut bisa mendongkrak jumlah pengguna dan transaksi dari segmen hobi dan hiburan melalui LinkAja.

"Saat ini kita sudah menjalankan beberapa kerja sama strategis dengan partner penyedia produk. Seperti promo special price dengan Vidio, sampai dengan cashback pembelian di games platform dengan media pembayaran menggunakan LinkAja," tambahnya.

Saat ini, LinkAja memliki lebih dari satu juta merchant lokal, lebih dari 370 ribu merchant nasional, melayani 230 moda transportasi, lebih dari 680 pasar tradisional, lebih dari 44 ribu mitra donasi digital, lebih dari enam ribu online marketplace.

LinkAja juga telah dapat digunakan untuk melakukan transfer ke semua rekening bank, melakukan pembayaran berbagai kebutuhan sehari hari seperti pulsa, listrik, dan tagihan lainnya, iuran BPJS, hingga pembelian berbagai layanan keuangan seperti produk reksadana dan asuransi mikro.

Adapun, untuk segmen hiburan yang diakomodasi, beberapa nama besar kategori streaming telah bisa diakses, seperti Genflix, iTunes, Joox, Vidio, dan Spotify Premium. Sementara untuk voucher game, LinkAja menyediakan GooglePlay Giftcard dan saldo Steam, hingga terintegrasi dengan beberapa game app-on-purchase terkenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper