Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Proyeksi BRI Finance Bakal Tuai Berkah dari Holding Ultra Mikro

BRI Finance sebagai anak usaha dinilai akan ikut menunjang eksekusi misi induk usaha dalam holding ultra mikro.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 18 Juli 2021  |  14:30 WIB
Pefindo Proyeksi BRI Finance Bakal Tuai Berkah dari Holding Ultra Mikro
Gedung BRI - bri.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menilai bahwa posisi PT BRI Multifinance Indonesia atau BRI Finance akan semakin kuat setelah adanya pembentukan holding ultra mikro oleh induk usahanya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI).

Analis Pefindo Hasnalia Hanifah dan Kreshna D. Armand menjelaskan bahwa BBRI akan memperkuat fokus bisnisnya di segmen pembiayaan mikro seiring pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Orientasi bisnis itu pun diperkuat oleh pembentukan holding ultra mikro yang telah ditetapkan pemerintah.

Hasnalia dan Kreshna menilai bahwa BBRI akan memantapkan misinya untuk menjadi penyedia jasa keuangan yang terintegrasi dan terkemuka setelah holding terbentuk. Langkah itu pun akan turut memengaruhi bisnis BRI Finance sebagai anak usaha, untuk menunjang eksekusi misi induk usaha.

"BBRI akan tetap melanjutkan strateginya untuk memperkuat kinerja BRI Finance, dengan menjadikan BRI Finance sebagai pintu gerbang tunggal untuk jasa pembiayaan kendaraan bermotor," tulis Hasnalia dan Kreshna dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis pada Minggu (18/7/2021).

Keduanya pun menilai bahwa BBRI dapat memberikan dukungan dengan menyediakan jaringan, infrastruktur, dan praktik pengelolaan risiko. Dukungan itu akan memberikan pengaruh optimal bagi bisnis BRI Finance, yang kemudian menguntungkan bagi induk usaha.

Pefindo menilai bahwa strategi tersebut akan memperkuat posisi BRI Finance di industri pembiayaan dalam jangka pendek hingga menengah. Selain itu, kontribusi dan peran penting BRI Finance terhadap BBRI pun dinilai akan semakin meningkat.

"Untuk mendukung strategi pengembangan bisnis BRI Finance dan terutama pada saat dibutuhkan, kami menilai BBRI akan memberikan dukungan dalam bentuk permodalan dan pendanaan kepada BRI Finance," tulis Hasnalia dan Kreshna.

Pembentukan holding dan dukungan BBRI menjadi salah satu faktor yang membuat Pefindo meningkatkan menaikkan peringkat korporasi BRI Finance dan medium term notes (MTN) I/2019 milik perseroan menjadi idAA. Sebelumnya korporasi dan MTN itu memiliki peringkat idAA–.

Aksi pemeringkatan itu mencerminkan pandangan Pefindo atas dukungan yang lebih tinggi dari BBRI sebagai pemegang saham pengendali BRI Finance. Prospek perusahaan pembiayaan itu dicap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance bri pefindo Holding Ultra Mikro
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top