Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI (BBRI)

Rektor UI Ari Kuncoro telah mengirimkan surat pengunduran diri dari posisi wakil komisaris utama BRI kepada Kementerian BUMN.
Gedung BRI/bri.co.id
Gedung BRI/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian BUMN RI menyampaikan informasi telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI dan menginformasikannya secara resmi kepada BRI.

Terkait dengan hal tersebut, BRI pun menerbitkan keterbukaan informasi pada Kamis (22/7/2021). "Sehubungan dengan itu, perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur," demikian informasi yang disampaikan kepada BEI.

Dalam siaran persnya, BRI menyatakan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata Kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dari seluruh lapisan, baik top level management dalam hal ini Dewan Komisaris dan Direksi, hingga jajaran pekerja di seluruh Unit Kerja Perseroan.

Komitmen tersebut dijalankan pada setiap kegiatan usaha, yang merupakan perwujudan dari visi dan misi BRI, corporate values dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan perseroan.

Adapun, BRI juga menyampaikan keterbukaan informasi terkait hal dimaksud dapat diakses pada situs web bursa efek dan perseroan pada tanggal 22 Juli 2021.

Sebelumnya, nama Ari Kuncoro menjadi pembahasan akhir-akhir ini karena mengemban jabatan sebagai Rektor UI dan Wakil Komisaris Utama BRI.

Berdasarkan PP Nomor 68/2013 tentang Statuta Universitas Indonesia, rektor dan wakil rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Aturan tersebut baru saja direvisi menjadi PP Nomor 75 Tahun 2021 Tentang Statuta Universitas Indonesia. Dalam beleid baru, Rektor hanya dilarang mengemban dual jabatan sebagai direksi perusahaan. Dengan kata lain, jabatan rektor UI di posisi komisaris diperbolehkan.

Ari Kuncoro diangkat sebagai Wakil Komisaris Utama BRI sejak 2020. Sebelum ke BRI, Ari Kuncoro menjabat sebagai Komisaris Utama/Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. pada 2017 hingga 2020.

Dia ditunjuk menjadi Rektor UI sejak 2019 dengan masa jabatan hingga 2024. Ari Kuncoro merupakan lulusan UI untuk jenjang S1, yang kemudian melanjutkan pendidikan S2 di University of Minnesota dan S3 di Brown University.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper