Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dana Murah Melimpah, Bos BCA: Penurunan Bunga Tabungan Tak Banyak Manfaat

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan porsi dana murah perseroan telah mencapai 78%, sehingga simpanan berjangka hanya bersisa 22%.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  05:15 WIB
Gedung Bank BCA - Ilustrasi/Bisnis
Gedung Bank BCA - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. menyatakan penurunan suku bunga simpanan masih potensial untuk dilakukan. Kendati demikian, hal tersebut tak begitu berdampak pada penurunan beban dana.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan porsi dana murah perseroan telah mencapai 78% sehingga simpanan berjangka hanya bersisa 22%.

Jika ada penurunan suku bunga simpanan berjangka lanjutan 0,25% pada simpanan berjangka, maka dampak terhadap cost of fund hanya 0,05%. Sementara itu, suku bunga dana murah tidak dapat diturunkan lagi.

"Jadi room untuk turun itu ada, tapi tidak begitu banyak manfaat [pada cost of fund]," katanya kepada Bisnis, Kamis (12/8/2021).

Jahja melanjutkan untuk bunga kredit perseroan pun memiliki ruang untuk melakukan hal tersebut. Namun, dia menggaris bawahi restrukturisasi sudah membuat banyak suku bunga kredit debitur turun secara signifikan.

"Memang ada sebagian nasabah yang sudah bayar, tetapi bunganya itu bunga restrukturisasi. Sehingga kami juga tidak bisa turunkan lebih banyak lagi untuk suku bunga kredit. Tapi kami juga akan tetap pertimbangkan beberapa nasabah berkualitas untuk turunkan suku bunga kredit," katanya.

Jahja melanjutkan perseroan membuat prediksi pasti terkait dengan perkembangan pandemi dan dampaknya terhadap kinerja ekonomi.

"Yang jelas kami akan tetap antisipasi dan jaga-jaga terus. Kami tidak mau terjebak dengan dorong-dorongan menggenjot kredit. Bagaimana pun kualitas masih akan jadi prioritas kami," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca kredit deposito bunga kredit dana murah emiten bank
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top