Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Credit Companies Rilis Obligasi Rp2 Triliun, Simak Kuponnya

Perseroan berencana menggunakan dana tersebut untuk modal kerja pembiayaan konsumen sehubungan dengan kegiatan usaha perseroan.
Karyawan beraktivitas di kantor Astra Credit Companies (ACC) Finance di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Abdurachman
Karyawan beraktivitas di kantor Astra Credit Companies (ACC) Finance di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Astra Sedaya Finance, bagian dari Astra Credit Companies (ACC) berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan V Tahap III Tahun 2021 dengan jumlah pokok sebesar Rp2 triliun.

Obligasi terbaru ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan V Astra Sedaya Finance dengan target penghimpunan dana Rp10 triliun, yang telah terealisasi di Tahap I Tahun 2020 senilai Rp1,5 triliun, Tahap II Tahun 2021 senilai Rp2,5 triliun.

"Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum Obligasi ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan oleh Perseroan untuk modal kerja pembiayaan konsumen sehubungan dengan kegiatan usaha perseroan," tulis manajemen ACC dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (4/10/2021).

Obligasi ini akan terbit dalam dua seri, yaitu Seri A dengan pokok sebesar Rp540,94 miliar dengan bunga tetap sebesar 3,75 persen per tahun dan jangka waktu 370 hari, sementara Seri B sebesar Rp1,46 triliun dengan bunga tetap sebesar 5,30 persen per tahun dan jangka waktu 36 bulan.

Rencananya, anak usaha PT Sedaya Multi Investama (Astra Financial) ini akan melakukan penawaran umum pada 14-15 Oktober 2021, dilanjutkan penjatahan pada 19 Oktober 2021, dan tanggal emisi pada 22 Oktober 2021.

Sekadar informasi, ACC merupakan gabungan ekosistem multifinance Astra Sedaya Finance, PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance, dan PT Astra Auto Finance, serta perusahaan penyedia layanan digital PT Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI) dan perusahaan collection services PT Pratama Sadya Sadhana.

Berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan di Harian Bisnis Indonesia, Kamis (29/7/2021), Astra Sedaya Finance mampu memperbesar aset per Juni 2021 mencapai Rp32,99 triliun atau naik 4,94 persen (year-to-date/ytd) capaian pada tutup buku 2020.

Kenaikan aset perusahaan anak usaha PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial ini terbesar ditopang piutang pembiayaan konsumen yang naik 5,97 persen (ytd) dari sebelumnya Rp25,62 triliun menjadi Rp27,15 triliun per Juni 2021.

EVP Corporate Communication & Strategic Management Astra Credit Companies (ACC) Arifianto Soendoro mengungkap pihaknya masih optimistis mampu mengejar momentum pertumbuhan pada periode 2021, salah satunya lewat target pertumbuhan pembiayaan baru bisa naik 15-20 persen ketimbang 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper