Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

28 Juta Penduduk RI Belum Tersentuh Perbankan, BI: Pasar Potensial Bank Digital

Sementara berdasarkan data Global Findex (2014), hanya sekitar 36 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening simpanan pada lembaga keuangan formal.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 Oktober 2021  |  14:17 WIB
Mobile banking - istimewa
Mobile banking - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat sebanyak 28 juta penduduk Indonesia belum terhubung dengan layanan perbankan atau unbanked.

Sementara berdasarkan data Global Findex (2014), hanya sekitar 36 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening simpanan pada lembaga keuangan formal.

Menurut BI, banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang belum mendapat layanan perbankan merupakan pasar yang potensial bagi perbankan digital. Pasalnya, hampir sebagian besar masyarakat dengan akses jasa keuangan yang terbatas memiliki gawai.

Tercatat, sekitar 2 persen atau 139 juta pengguna internet di dunia berada di Indonesia dan mencakup 50 persen total populasi Indonesia.

“Kondisi ini mengindikasikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi perkembangan perbankan digital dan bank digital,” tulis BI dalam Buku KSK yang dipublikasikan pada Selasa (5/10/2021).

Perbankan digital dinilai berpotensi meningkatkan scalability-nya dengan hanya mengandalkan pada model bisnis yang berbasis connectivity tanpa diikuti dengan penambahan jumlah jaringan fisik kantor cabang.

Potensi tersebut tercermin dari meningkatnya pangsa kapitalisasi pasar sejumlah bank BUKU 2 yang telah atau sedang bertransformasi menjadi bank digital.

Dengan kemampuan scalability tersebut, BI menilai kehadiran bank digital memiliki potensi untuk merubah struktur perbankan Indonesia ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia pelayanan bank inklusi keuangan Bank Digital
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top