Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Bunga Tabungan dan Deposito Bank Digital, dari Bank Jago hingga SeaBank

Bagi Anda yang tertarik mengetahui perbandingan bunga simpanan di bank digital. Berikut ini adalah perbandingan bunga simpanan di bank digital, mulai dari Bank Jago hingga SeaBank.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  11:15 WIB
Mobile banking - istimewa
Mobile banking - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Para pelaku industri keuangan mulai melakukan transformasi ke arah digitalisasi dengan memanfaatkan bidang teknologi.

Bank Indonesia (BI) melihat kehadiran bank digital mempunyai potensi untuk mengubah struktur perbankan Indonesia ke depan. Sebagaimana ditulis dalam Kajian Stabilitas Keuangan No.37 yang diluncurkan Selasa (5/10/2021).

Selain itu, BI juga menyebut Indonesia merupakan pasar potensial bagi perkembangan layanan perbankan digital dan bank digital yang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia dengan akses jasa keuangan memiliki gawai.

“Kondisi ini mengindikasikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi perkembangan perbankan digital dan bank digital,” tulis Bank Indonesia.

Kehadiran bank digital dalam ekosistem keuangan Indonesia ditandai dengan peluncuran platform perbankan digital Jenius dari Bank BTPN pada 2016.

Bak pionir bank digital, pada 2017 langkah Bank BTPN diikuti oleh sejumlah bank umum lain, seperti Digibank dari Bank DBS, Wokee oleh Bank Bukopin, dan sejumlah bank lainnya.

Semakin lama perkembangan bank digital di Indonesia semakin terlihat sejak beberapa tahun terakhir, seperti TMRW dari Bank UOB, Jago dari Bank Jago, SeaBank, hingga Line Bank dari Hana Bank.

Bagi Anda yang tertarik mengetahui perbandingan bunga simpanan di bank digital. Berikut ini adalah perbandingan bunga simpanan di bank digital, mulai dari Bank Jago hingga SeaBank:

1. Jenius (Bank BTPN)

Jenius memiliki tiga jenis tabungan yang dapat nasabah pilih untuk mengelola dan menumbuhkan uang.

Pertama, Flexi Saver. Di sini, nasabah dapat mengelola dan menentukan tabungan sesuai kebutuhan, mulai dari memilih nama, menambahkan foto, hingga mengedit tabungan.

Ada pun keuntungan menggunakan Flexi Saver adalah nasabah bisa mengalokasikan uang hingga 3 tabungan, masing-masing dengan bunga 2,5 persen per tahun.

Nasabah bisa setor atau tarik uang kapan pun tanpa diminta biaya tambahan. Selain itu, nasabah bisa memberi nama dan foto pada tabungan sesuai tujuan menabung.

Kedua, Dream Saver. Tabungan ini otomatis akan membantu dalam mewujudkan keinginan nasabah.

Nasabah bisa menunda tabungan dan membekukan setoran autodebit untuk sementara. Selama ditunda, perhitungan bunga akan tetap berjalan.

Selain itu, nasabah juga bisa menghentikan tabungan tanpa biaya penalti. Nantinya, seluruh uang dan bunga yang sudah terkumpul akan langsung dikembalikan ke Saldo Aktif.

Ketiga, Maxi Saver. Pilihan ini merupakan deposito berjangka berbunga maksimal hingga 4 persen per tahun.

Maxi Saver bisa membantu nasabah mempercepat pencapaian karena memiliki suku bunga yang maksimal dengan nilai pokok mulai dari Rp10 juta, nasabah bisa bebas memilih jangka waktu deposito yang tersedia mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Selain itu, Maxi Saver juga bisa dijadikan pilihan ketika nasabah perlu menyimpan sejumlah uang dan ingin mendapatkan suku bunga lebih daripada suku bunga tabungan.

Bunga Simpanan Jenius

Fitur

Bunga (per tahun)

Flexi Saver

2,5%

Dream Saver

2,5%

Maxi Saver

4%

Data diolah Bisnis.com

2.  Digibank (Bank DBS)

Bank DBS meluncurkan bank digital bernama Digibank dengan produk tabungan yang dinamakan Tabungan Maxi.

Tabungan Maxi menawarkan banyak keuntungan. Pasalnya, nasabah bisa mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa, dapat ditarik kapan pun sesuai dengan kebutuhan nasabah, tidak ada minimum saldo, dan tidak dikenakan biaya administrasi.

Namun, bunga yang akan dibayarkan ke rekening adalah bunga setelah dipotong pajak, yaitu sebesar 20 persen.

Bunga Simpanan Digibank

Produk

Bunga (per tahun)

Tabungan Maxi

3%

Data diolah Bisnis.com

3.  TMRW (Bank UOB)

Berikutnya adalah TMRW dari Bank UOB yang menawarkan dua fitur, yaitu TMRW Everyday Account dan TMRW Savings Account.

Untuk TMRW Everyday Account, nasabah tidak akan dikenakan biaya tarik tunai di semua ATM di Indonesia. Namun perlu dipastikan, nasabah memiliki saldo minimum Rp1 juta sebelum penarikan.

Adapun, TMRW Savings Account, nasabah bisa mendapatkan bunga harian yang akan dikreditkan setiap bulan dan tidak ada biaya bulanan atau biaya saldo minimum.

Bunga Simpanan TMRW

Fitur

Bunga (per tahun)

TMRW Everyday Account

0,5%

TMRW Savings Account

4%

Data diolah Bisnis.com

4.  Jago (Bank Jago)

PT Bank Jago Tbk. menghadirkan bank digital untuk mengatur tabungan nasabah dalam beberapa kantong terpisah.

Nasabah bisa membuat kantong baru, menghapus, atau menggunakan bersama teman dan keluarga. Dengan begitu, Jago bisa diatur sesuka nasabah.

Bunga Simpanan Jago

Fitur

Bunga (per tahun)

Kantong Nabung

3,5% s/d 4%

Kantong Bayar

0,5%

Kantong Utama

0,5%

Data diolah Bisnis.com

5. Line Bank (Hana Bank)

Line Bank yang merupakan hasil kerja sama dari LINE Corporation dan PT Bank KEB Hana Indonesia yang diluncurkan pada 10 Juni 2021.

Bank digital ini menyasar masyarakat dari segmen usia yang tumbuh di era kebangkitan digital. Line Bank berfokus pada layanan tabungan, kartu debit, dan deposito.

Untuk membuka rekening di Line Bank, nasabah tidak perlu khawatir dengan setoran awal. Pasalnya, nasabah tidak dikenakan biaya bulanan dan Tarik tunai tanpa biaya.

Sementara untuk deposito berjangka, penempatan mulai dari Rp1 juta hingga Rp1 miliar tanpa dipungut biaya administrasi.

Bunga Simpanan Line Bank

Produk

Bunga (per tahun)

Tabungan

1%

Deposito

24,5%

Data diolah Bisnis.com

6. SeaBank

SeaBank sebelumnya bernama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi, yang kemudian bertransformasi menjadi bank digital usai masuknya Sea Group, induk e-commerce Shopee.

Dilansir dari situs resminya, saat ini SeaBank menawarkan promo bunga tabungan sebesar 7 persen mulai 1 September 2021 hingga 31 Desember 2021.

Promo ini berlaku untuk seluruh nasabah SeaBank dan tidak ada minimum jumlah tabungan, jangka waktu, ataupun biaya.

Perseroan menyatakan syarat dan ketentuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun, usai promo berakhir, maka bunga tabungan yang ditawarkan SeaBank sebagai berikut:

Tipe RekeningSuku Bunga
Tabungan4% per tahun

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga digitalisasi suku bunga deposito bunga tabungan bunga simpanan Bank Digital
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top