Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Bank BTPN agar Kasus Pembobolan Akun Jenius Tak Berulang

Hal tersebut bertujuan mencegah kerugian nasabah yang terpedaya oleh rekayasa sosial.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 Oktober 2021  |  08:18 WIB
Ini Cara Bank BTPN agar Kasus Pembobolan Akun Jenius Tak Berulang
Nasabah menggunakan aplikasi Jenius, bank digital milik BTPN - Bisnis/Feni Freycinetia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank BTPN Tbk. (BTPN) menambah keamanan di dalam ekosistem perbankan digital dengan penerapan teknologi berlapis untuk memastikan keamanan serta kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Hal tersebut bertujuan mencegah kerugian nasabah yang terpedaya oleh rekayasa sosial. Seperti yang diketahui, dua terduga pelaku pembobolan akun nasabah Jenius telah ditangkap oleh pihak kepolisian pada Rabu (13/10/2021).

Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto menegaskan bahwa Bank BTPN telah memenuhi standar keamanan perbankan dan senantiasa menambah sistem keamanan Jenius sebagai perbankan digital perseroan dengan keamanan kelas dunia, mengikuti perkembangan teknologi dan zaman untuk memastikan data nasabah terjaga.

Menurutnya, hidup di ekosistem yang serba digital membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak dalam rangka memastikan keamanan dan kerahasiaan data nasabah.

“Kolaborasi ini perlu melibatkan tidak hanya para penyedia jasa keuangan, tapi juga penyedia layanan digital lainnya di industri teknologi finansial, regulator, penegak hukum dan para nasabah,” kata Darmadi dalam keterangan resmi Bank BTPN.

Di sisi lain, Bank BTPN terus melakukan edukasi secara berkelanjutan kepada nasabah Jenius Bank BTPN dan juga kepada masyarakat umum tentang upaya menjaga keamanan data-data dan informasi pribadi sebagai antisipasi terhadap risiko kejahatan digital.

Selain itu, perseroan mengungkapkan fitur-fitur di aplikasi Jenius yang dapat mendukung keamanan bertransaksi. Melalui Jenius, Bank BTPN turut membuat halaman edukasi keamanan digital di situs web jenius.com/pages/jeniusaman.

Bank BTPN juga telah menonaktifkan akses Jenius melalui situs untuk meminimalkan risiko terjadinya upaya rekayasa sosial, atau social engineering, oleh pelaku tindak kejahatan siber.

Dalam rekayasa sosial, pelaku tindak kejahatan memanipulasi korban agar melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pelaku, semisal. melalui media seperti panggilan telepon, SMS, surel ataupun media sosial.

Bank BTPN juga telah menerapkan kebijakan satu perangkat untuk melindungi akun Jenius nasabah. Kebijakan satu perangkat ini membuat pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan Jenius lewat satu perangkat saja yang telah terverifikasi.

Nasabah yang ingin mengalihkan akun Jenius miliknya ke perangkat lain hanya dapat melakukannya melalui Jenius Help 1500 365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btpn nasabah pembobolan rekening Jenius
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top