Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal dan Cara Investasi Reksa Dana Melalui Digibank by DBS

Keuntungan investasi reksa dana mencakup tidak diperlukannya pengetahuan mendalam mengenai investasi, hemat waktu, modal yang relatif kecil, diverifikasi, dan likuiditas tinggi.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 03 November 2021  |  07:00 WIB
Mengenal dan Cara Investasi Reksa Dana Melalui Digibank by DBS
Ilustrasi Investasi - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Investasi reksa dana bekerja dengan cara mengumpulkan dana dari investor menjadi satu yang kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk disalurkan ke efek portofolio yang tersedia. Keuntungan investasi reksa dana bagi investor mencakup tidak diperlukannya pengetahuan mendalam mengenai investasi, hemat waktu, modal yang relatif kecil, diversifikasi, dan likuiditas tinggi.

Berdasarkan portofolionya, terdapat empat jenis investasi reksa dana yakni pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Investasi ini dapat dilakukan melalui aplikasi reksa dana atau mobile banking yang mendukung reksa dana seperti digibank by DBS. Dengan digibank by DBS, investasi reksa dana menjadi lebih ringkas.

Kondisi keuangan memang menjadi lebih mengkhawatirkan di masa transisi ke new normal seperti saat ini. Selain pengeluaran untuk kebutuhan utama tetap berjalan, pengeluaran lain untuk kesehatan tentunya semakin meningkat. Oleh karenanya, sangat penting bagi kamu untuk menambah sumber pendapatan, salah satunya dengan melalui investasi.

Di antara berbagai investasi yang ada, investasi reksa dana menjadi salah satu yang paling populer karena kemudahan sistem yang ditawarkan. Lantas apa itu investasi reksa dana? Disebut juga mutual fund, investasi ini bekerja dengan cara mengumpulkan dana dari para investor menjadi satu yang kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk disalurkan ke beberapa portofolio efek yang tersedia.

Dengan metode pengumpulan uang secara kolektif dan adanya manajer investasi, apabila kamu merupakan investor, kamu tidak perlu mengelola investasimu secara mandiri. Sehingga, kamu tidak diharuskan untuk memiliki pengetahuan mendalam mengenai perhitungan rinci saat investasi dan tentunya kegiatan ini tidak akan menyita banyak waktu.

Dari segi dana yang diperlukan pun, berbeda dengan investasi saham secara mandiri yang mengharuskan nominal hingga jutaan, investasi reksa dana dapat dimulai hanya dengan nominal recehan. Oleh karena itu, investasi reksa dana banyak diminati dan telah menjadi pilihan berbagai kalangan mulai dari yang masih bersekolah, telah bekerja, hingga ibu rumah tangga. Tentunya, sebagai langkah awal di masa pandemi, investasi reksa dana merupakan kegiatan yang patut dijalankan. Yuk kenali investasi reksa dana lebih dalam!

 

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Selain tidak memerlukan banyak pengetahuan mengenai investasi, hemat waktu, dan modal yang relatif kecil seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi reksa dana masih menawarkan banyak keuntungan lain loh seperti adanya diversifikasi.

Sebagai contoh, jika kamu melakukan investasi secara mandiri, kamu memerlukan uang yang sangat besar untuk memiliki portofolio obligasi. Secara perorangan, kamu tidak mungkin memiliki portofolio tersebut tanpa menggelontorkan dana yang besar. Namun, jika dengan investasi reksa dana, karena dana yang dikumpulkan menjadi satu sehingga berjumlah besar, manajer investasi bisa mengalokasikannya ke beberapa tempat yang berbeda sehingga kamu sebagai investor bisa memiliki produk investasi yang berbeda-beda pula.

Diversifikasi sendiri berperan penting untuk meminimalkan risiko investasi. Konsep investasi memang tidak akan terlepas dari risiko. Jadi, apapun investasinya, kamu akan tetap menanggung risiko. Namun, dengan diversifikasi yang ada pada investasi reksa dana, risiko yang kamu miliki akan jauh lebih kecil terlebih dibandingkan jika kamu melakukan investasi secara mandiri.

Selain itu, investasi reksa dana dikenal memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya, proses pencairan investasi dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat dan investor dapat menerima hasilnya dengan cepat. Kegiatan berinvestasi melalui reksa dana juga diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika investasi reksa dana bersifat abal-abal.

 

Jenis-jenis Reksa Dana

Tentunya sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis investasi reksa dana sebelum menentukan pilihan. Secara umum, berdasarkan portofolionya, investasi reksa dana terbagi menjadi reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Berikut perbedaannya.

 

  • Reksa dana pasar uang

Setidaknya 80% dana kolektifnya disalurkan ke instrumen pasar uang dalam negeri yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun.

  • Reksa dana pendapatan tetap

Setidaknya 80% dananya diinvestasikan ke dalam bentuk efek utang atau obligasi.

  • Reksa dana saham

Sekurang-kurangnya 80% dananya ditempatkan ke saham atau ekuitas.

  • Reksa dana campuran

Dana yang ada pada jenis ini dialokasikan ke bentuk efek yang bervariasi yang mencakup pasar uang, pendapatan tetap, dan saham.

 

Cara Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana dapat dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone. Secara umum, kini investasi ini dapat dilakukan melalui dua cara. Yaitu antara menggunakan dua aplikasi atau satu aplikasi saja.

Dengan cara pertama, jika kamu hendak melakukan pembelian produk investasi reksa dana, artinya kamu perlu mentransfer sejumlah uang dari mobile banking (aplikasi perbankan digital) milikmu ke aplikasi khusus penyedia reksa dana. Namun, apabila dengan cara kedua, proses ini dapat dijadikan menjadi lebih singkat. Dengan mobile banking seperti digibank by DBS yang menghadirkan reksa dana, kamu tidak perlu mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu ketika hendak melakukan pembelian produk karena akan langsung terkoneksi dengan rekening pendebetan. Lebih ringkas kan?

Jika ini merupakan kali pertama kamu melakukan pembelian, maka kamu perlu mendaftarkan diri untuk memiliki nomor Single Investor Identification (SID) yang tentunya juga bisa kamu lakukan langsung melalui digibank by DBS. Setelah kamu mendapatkan nomor tersebut kamu bisa langsung melakukan pembelian produk investasi reksa dana yang tersedia yang kemudian juga bisa kamu atur secara berkala yang fleksibel mulai dari nominal Rp100,000 saja!

Tidak perlu bingung pilih jenis investasi yang mana, digibank by DBS menawarkan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang karena keempat jenis reksa dana yang kamu sudah pelajari di atas tersedia semua loh! Tidak tanggung-tanggung, digibank by DBS juga menyediakan 50 produk reksa dana. Jadi kamu sebagai investor tinggal memilih menu santapan investasi yang paling lezat dan sesuai dengan seleramu.

Tidak hanya proses pembelian, tentunya digibank by DBS juga mengizinkan penggunanya untuk melakukan proses penjualan dan switching (pengalihan dari suatu produk ke produk lain) investasi reksa dana. Aplikasi digibank by DBS juga memudahkan kamu sebagai pengguna untuk memilih produk yang sudah dikategorikan berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. Selain itu, investasi reksa dana melalui digibank by DBS sudah pasti aman karena Bank DBS sendiri merupakan 'Bank Teraman di Asia' selama 12 tahun berturut-turut.

Sekarang kamu sudah mengenal investasi reksa dana yang mencakup keuntungan dan jenis-jenisnya. Kamu pun sudah mengetahui cara mudah investasi reksa dana melalui satu aplikasi saja dengan digibank by DBS. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera berinvestasi dengan mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksadana dbs dbs indonesia
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top