Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Robot EDC Milik BCA Raih Penghargaan di Kawasan Asia Pasifik

Rodest memungkinkan karyawan untuk fokus pada peningkatan kualitas, sambil memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan inovasi perbankan digital BCA.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 November 2021  |  13:35 WIB
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Rodest, inovasi unik dari BCA yang mengintegrasikan collaborative robot dengan robotic process automation (RPA) untuk EDC menjadi salah satu pemenang dalam Gartner Eye on Innovation Award 2021.

Gartner Eye On Innovation Award for Financial Services 2021 diadakan setiap tahun untuk memberikan pengakuan kepada perusahaan dan institusi keuangan atas penggunaan teknologi yang inovatif untuk mendorong inisiatif terbaik di kelasnya. Acara ini mempertemukan para inovator kelas dunia dari Asia Pasifik, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Dalam ajang tersebut, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) terpilih sebagai satu dari tiga pemenang regional Asia Pasific 2021. Pemenang lainnya adalah Ping An Property & Casualty Insurance Company Of China, Ltd dan China Construction Bank.

BCA memenangkan penghargaan itu melalui inovasi Rodest. Robot ini dapat melakukan aktivitas seperti manusia, yaitu menggesek kartu, memilih menu, dan memasukkan PIN. RODEST memungkinkan pengujian EDC lebih cepat, menghasilkan hasil yang lebih akurat, dan menyusun laporan secara real-time.

“Kehadiran Rodest telah menetapkan standar terobosan untuk tenaga kerja BCA di masa depan, dengan mesin dan kecerdasan buatan yang membantu pekerja melakukan tugas-tugas rutin dan sederhana,” ujar Direktur BCA Lianawaty Suwono, Jumat (12/11/2021).

Lianawaty mengatakan bahwa Rodest memungkinkan karyawan perseroan untuk fokus pada peningkatan kualitas, sambil memberikan dasar yang kuat untuk menciptakan inovasi perbankan digital BCA.

Menurutnya, Rodest telah menjadi solusi karena mampu menyederhanakan berbagai tugas, misalnya pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan dalam waktu lima hari, kini menjadi satu hari. Tidak hanya itu, kehadiran inovasi ini pun turut menghemat biaya hingga US$1 juta.

Di sisi lain, penghargaan itu menjadikan BCA sebagai bank pertama di Indonesia yang masuk dalam jajaran perusahaan papan atas di kawasan Asia Pasifik, terutama dalam inovasi dan pemanfaatan teknologi digital untuk produk dan layanan perbankan komprehensif.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen kami dalam mempertahankan kualitas produk dan layanan yang terbaik bagi nasabah,” ujar Direktur BCA Hendra Lembong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca perbankan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top