Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Daftar Simpanan Bank Digital, dari Bank Jago hingga Neobank

Sejumlah bank digital menawarkan bunga tabungan dan deposito yang relatif lebih tinggi untuk menarik nasabah.
Nasabah menggunakan aplikasi Jenius, bank digital milik BTPN / Bisnis-Feni Freycinetia
Nasabah menggunakan aplikasi Jenius, bank digital milik BTPN / Bisnis-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring pesatnya digitalisasi, bank-bank digital di Tanah Air terus bertambah selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan, Bank Indonesia (BI) melihat kehadiran bank digital mempunyai potensi untuk mengubah struktur perbankan Indonesia ke depan.

Hal ini sejalan dengan transformasi menjadi bank digital, perbankan berpotensi untuk meningkatkan scalability dengan mengandalkan pada model bisnis yang berbasis connectivity tanpa diikuti dengan penambahan jumlah jaringan fisik kantor cabang. 

“Dengan kemampuan scalability tersebut, kehadiran bank digital memiliki potensi untuk merubah struktur perbankan Indonesia ke depan,” tulis BI dalam Kajian Stabilitas Keuangan No. 37, dikutip Rabu (17/11/2021). 

Kini, sejumlah bank digital menawarkan bunga tabungan dan deposito yang relatif lebih tinggi untuk menarik nasabah.

Berikut adalah daftar simpanan yang ditawarkan oleh sejumlah bank digital di Indonesia, dihimpun dari masing-masing laman resminya, Rabu (17/11/2021): 

  1. Jago – Bank Jago

PT Bank Jago Tbk. (ARTO) menghadirkan bank digital untuk mengatur tabungan nasabah dalam beberapa kantong terpisah. Nasabah bisa membuat kantong baru, menghapus, atau menggunakan bersama teman dan keluarga. Artinya, Jago bisa diatur sesuka hati nasabah.

Bunga Simpanan Jago

Fitur

Bunga (per tahun)

Kantong Nabung

3,5% s/d 4%

Kantong Bayar

0,5%

Kantong Utama

0,5%

  1. Jenius – Bank BTPN

Jenius memiliki tiga jenis tabungan yang dapat nasabah pilih untuk mengelola dan menumbuhkan uang. Pertama, Flexi Saver yag membuat nasabah dapat mengelola dan menentukan tabungan sesuai kebutuhan, mulai dari memilih nama, menambahkan foto, hingga mengedit tabungan.

Ada pun keuntungan menggunakan Flexi Saver adalah nasabah bisa mengalokasikan uang hingga 3 tabungan, masing-masing dengan bunga 2,5 persen per tahun. Nasabah bisa setor atau tarik uang kapan pun tanpa diminta biaya tambahan. Selain itu, nasabah bisa memberi nama dan foto pada tabungan sesuai tujuan menabung.

Kedua, Dream Saver. Tabungan ini otomatis akan membantu dalam mewujudkan keinginan nasabah. Nasabah bisa menunda tabungan dan membekukan setoran autodebit untuk sementara. Selama ditunda, perhitungan bunga akan tetap berjalan. Selain itu, nasabah juga bisa menghentikan tabungan tanpa biaya penalti. Nantinya, seluruh uang dan bunga yang sudah terkumpul akan langsung dikembalikan ke Saldo Aktif.

Ketiga, Maxi Saver. Pilihan ini merupakan deposito berjangka berbunga maksimal hingga 4 persen per tahun. Produk ini bisa membantu nasabah mempercepat pencapaian karena memiliki suku bunga yang maksimal dengan nilai pokok mulai dari Rp10 juta, nasabah bisa bebas memilih jangka waktu deposito yang tersedia mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Selain itu, Maxi Saver juga bisa dijadikan pilihan ketika nasabah pelu menyiman sejumlah uang dan ingin mendapatkan suku bunga lebih daripada suku bunga tabungan.

Bunga Simpanan Jenius

Fitur

Bunga (per tahun)

Flexi Saver

2,5%

Dream Saver

2,5%

Maxi Saver

4%

  1. Digibank – Bank DBS Indonesia

Bank DBS meluncurkan bank digital bernama Digibank dengan produk tabungan yang dinamakan Tabungan Maxi. Tabungan Maxi menawarkan banyak keuntungan. Pasalnya, nasabah bisa mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa, dapat ditarik kapan pun sesuai dengan kebutuhan nasabah, tidak ada minimum saldo, dan tidak dikenakan biaya administrasi. Namun, bunga yang akan dibayarkan ke rekening adalah bunga setelah dipotong pajak, yaitu sebesar 20 persen.

Bunga Simpanan Digibank

Produk

Bunga (per tahun)

Tabungan Maxi

3%

  1. TMRW – Bank UOB

Berikutnya adalah TMRW dari Bank UOB yang menawarkan dua fitur, yaitu TMRW Everyday Account dan TMRW Savings Account. Untuk TMRW Everyday Account, nasabah tidak akan dikenakan biaya tarik tunai di semua ATM di Indonesia. Namun perlu dipastikan, nasabah memiliki saldo minimum Rp1 juta sebelum penarikan. Sedangkan TMRW Savings Account, nasabah bisa mendapatkan bunga harian yang akan dikreditkan setiap bulan dan tidak ada biaya bulanan atau biaya saldo minimum.

Bunga Simpanan TMRW

Fitur

Bunga (per tahun)

TMRW Everyday Account

0,5%

TMRW Savings Account

4%

  1. Line Bank – Hana Bank

Line Bank yang merupakan hasil kerja sama dari LINE Coorpooration dan PT Bank KEB Hana Indonesia yang diluncurkan pada 10 Juni 2021. Bank digital ini menyasar masyarakat dari segmen usia yang tumbuh di era kebangkitan digital. Line Bank berfokus pada layanan tabungan, kartu debit, dan deposito. 

Untuk membuka rekening di Line Bank, nasabah tidak perlu khawatir dengan setoran awal. Pasalnya, nasabah tidak dikenakan biaya bulanan dan Tarik tunai tanpa biaya.

Sementara untuk deposito berjangka, penempatan mulai dari Rp1 juta hingga Rp1 miliar tanpa dipungut biaya administrasi.

Bunga Simpanan Line Bank

Produk

Bunga (per tahun)

Tabungan

1%

Deposito

24,5%

  1. SeaBank – Bank SeaBank Indonesia

SeaBank sebelumnya bernama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi, yang kemudian bertransformasi menjadi bank digital usai masuknya Sea Group, induk e-commerce Shopee. Namun, saat ini SeaBank menawarkan promo bunga tabungan sebesar 7 persen mulai 1 September 2021 hingga 31 Desember 2021. Promo ini berlaku untuk seluruh nasabah SeaBank dan tidak ada minimum jumlah tabungan, jangka waktu, ataupun biaya.

  1. Blu – Bank BCA

Blu menawarkan tiga jenis rekening, dengan suku bunga simpanan yang variatif. Pertama, bluAccount yang memiliki suku bunga paling rendah, yakni sebesar 0,5 persen per tahun, tanpa saldo minimum. 

Kedua, bluSaving atau bluGethermmenawarkan suku bunga simpanan sebesar 3 persen per tahun, dan juga masih tanpa saldo minimum. Ketiga, bluDeposit menawarkan tiga suku bunga simpanan yang berbeda, tergantung dengan besaran dana tersimpan.

Untuk saldo Rp1 juta hingga kurang dari Rp10 juta mendapatkan suku bunga 3,5 persen per tahun, tabungan Rp10 juta hingga kurang dari Rp 100 juta suku bunga 3,75 persen, saldo sebesar Rp100 juta atau lebih mendapatkan suku bunga sebesar 4 persen per tahun.

  1. Neobank – Bank Neo Commerce

Berikutnya, neobank memiliki beragam produk tabungan dengan nilai nominal dana simpanan seluruh produk tabungan sebesar Rp200.000. Selain itu, transaksi neobank juga tidak dikenakan biaya admin. Neobank memiliki produk tabungan Neo WOW Instant dan Neo WOW Extra, dengan besaran bunga yang berbeda, tergantung periode deposit.

Lalu, Neo WOW Instant menawarkan tiga jenis bunga tabungan yakni 6,5 persen per tahun untuk periode simpanan 7 hari, 7 persen untuk periode simpanan 1 bulan, dan 7,5 persen untuk periode simpanan 3 bulan. Sementara untuk produk Neo WOW Extra, terdiri dari dua jenis bunga tabungan, yati 7,75 persen per tahun untuk periode simpanan 6 bulan dan 8 persen per tahun untuk periode tabungan 12 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper