Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dear Investor, Ini Jadwal Sementara Rights Issue Bank Aladin (BANK)

Rencana rights issue bank berkode emiten BANK itu telah mendapatkan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 28 Mei 2021.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  11:42 WIB
Logo Bank Aladin - aladinbank.id
Logo Bank Aladin - aladinbank.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) akan melaksanakan penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (PMHMETD I) atau rights issue dalam waktu dekat.

Periode perdagangan penambahan modal melalui skema rights issue BANK akan dimulai kurang dari sepekan, yakni pada 9 Desember 2021.

Rencana rights issue bank berkode emiten BANK itu telah mendapatkan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 28 Mei 2021.

Dalam prospektusnya, Bank Aladin Syariah berencana melakukan penambahan modal sebanyak-banyaknya 2 miliar saham baru dengan nilai Rp100 per saham atau setara 13,12 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh BANK setelah PMHMETD I.

Adapun, periode perdagangan rights issue akan berlangsung hingga 16 Desember 2021. Sementara itu, jumlah saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I ini adalah jumlah maksimum saham yang seluruhnya akan dikeluarkan dari portepel, serta dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Seluruh dana yang diperoleh perseroan dari hasil PMHMETD I ini setelah dikurangi dengan biaya Penawaran Umum, akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan dan seluruhnya akan digunakan untuk peningkatan aset produktif dalam rangka pengembangan usaha perseroan," tulis manajemen perseroan.

Dengan demikian, perseroan dapat menambah kemampuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha dan daya saing untuk mendukung mendukung pertumbuhan jangka panjang.

Perlu diketahui, jika pemegang saham lama tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I ini sesuai dengan HMETD-nya, maka para pemegang saham lama akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya atau dilusi dalam jumlah sebanyak-banyaknya sebesar 13,12 persen.

PT Aladin Global Ventures adalah Pemegang Saham Utama Perseroan yang memiliki 7.988.245.746 saham yang mewakili 60,33 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Jika seluruh pemegang saham melaksanakan haknya, maka kepemilikan saham Aladin Global Ventures menjadi 60,33 persen, Kasai Universal 6,15 persen, dan masyarakat 33,52 persen

Sementara, jika hanya Aladin Global Ventures yang melaksanakan haknya, maka kepemilikannya menjadi 63,63 persen. Sedangkan, Kasai Universal menjadi 5,64 persen dan masyarakat menjadi 30,72 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah emiten bank rights issue Bank Digital bank aladin syariah
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top