Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Biro Indonesia Jaya Perkenalkan Kepemilikan dan Manajemen Baru

PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ) mengumumkan masuknya pemegang saham baru, pengangkatan tim manajemen baru, serta visi strategis perusahaan yang luas untuk membantu mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.
Komisaris Utama PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ) Ronny Kasim
Komisaris Utama PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ) Ronny Kasim

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ), lembaga pengelola informasi perkreditan swasta, mengumumkan masuknya pemegang saham baru, pengangkatan tim manajemen baru, serta visi strategis perusahaan yang luas untuk membantu mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

KBIJ mengangkat Ronny Kasim sebagai komisaris utama dan Agus Subekti sebagai direktur utama KBIJ yang baru. Adapun, susunan lengkap tim manajemen baru adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama: Ronny Kasim
Komisaris: Ronald Waas
Direktur Utama: Agus Subekti
Direktur Bisnis dan Layanan: Anton Adiwibowo
Direktur Teknologi dan Informasi: Ivan Irawan

“Percepatan layanan keuangan digital di Indonesia berlangsung lebih cepat dari sebelumnya dan gap inklusi keuangan yang semakin besar bagi konsumen dan pelaku usaha yang unbanked dan underbanked terus menjadi agenda utama nasional. Dengan keahlian yang mumpuni serta pengalaman yang luas dari tim manajemen yang baru, KBIJ akan mengembangkan cakupan dan kedalaman informasi perkreditan dengan tujuan menghadirkan skor dan informasi kredit yang lengkap dan akurat kepada berbagai mitra bisnis kami,” ujar Ronny Kasim, Komisaris Utama KBIJ, melalui siaran pers, Jumat (3/12/2021).

Dengan kepemilikan dan tim manajemen yang baru, perusahaan berencana untuk segera meluncurkan beberapa produk bernilai tambah seperti skor kredit yang komprehensif, laporan kredit yang disesuaikan, dan peringatan risiko.

Selain itu, KBIJ juga akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan bermitra dengan sumber data alternatif yang kredibel untuk menyediakan model penilaian kredit yang khusus dan dapat dikustomisasi. Perusahaan juga berencana untuk menghadirkan aplikasi konsumen yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk memeriksa skor dan laporan mereka sendiri.

Didirikan pada 2014, KBIJ adalah salah satu biro kredit swasta pertama di Indonesia dan baru-baru ini menerima tambahan modal segar dari investor baru.

Adapun, Ronny Kasim pernah menjabat sebagai Direktur Utama Pefindo Credit Rating Agency dan memiliki peran penting dalam mendirikan Pefindo Biro Kredit yang merupakan salah satu lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) terkemuka di Indonesia. Ronny juga pernah memegang berbagai posisi senior di organisasi global termasuk Fiserv Inc., Fermat, First National Bank, dan Moody's di Amerika Serikat, Perancis, dan Singapura. Sebelum bergabung dengan KBIJ, Ronny menjabat sebagai Country Director di Trusting Social.

Sementara itu, Agus Subekti memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun di industri perkreditan, pemeringkatan UKM, skor kredit, sistem informasi perkreditan, dan konsultasi perbankan. Agus memulai karirnya di Bank Permata sebelum bergabung dengan PT Pemeringkat Efek Indonesia untuk memimpin pengembangan peringkat kredit UKM. Agus juga memimpin pendirian anak perusahaan baru, yaitu PT Pefindo Biro Kredit yang dilanjutkan dengan memimpin persiapan operasional perusahaan, pengembangan data dan produk, pemasaran dan layanan anggota. Pada November 2021, Agus disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk dapat diangkat sebagai Direktur Utama PT Kredit Biro Indonesia Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper