Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Terus Memastikan Tata Kelola Sektor Jasa Keuangan Digital Aman

Sejak 2018, Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 5.000 konten pinjaman online ilegal di Indonesia.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  17:25 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\r\n\r\n
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus memastikan praktek dan tata kelola sektor jasa keuangan digital yang aman dan terpercaya guna memberikan perlindungan konsumen, termasuk pinjaman online (pinjol).

Hal itu dilakukan bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang telah menjalin dan membangun komitmen untuk memberantas platform pinjaman online ilegal.

Sejak 2018, Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 5.000 konten pinjaman online ilegal di Indonesia.

“Namun demikian, apabila kita hanya merespons dan reaktif terhadap kegiatan-kegiatan terlarang atau ilegal di dalam ruang digital, maka tidak akan pernah habis habisnya,” ujar Johnny dalam acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2021, Selasa (7/12/2021).

Oleh karena itu, Johnny mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar literasi dan tindakan pencegahan dapat dilakukan bersama-sama secara kolaboratif, baik melalui literasi, edukasi, dan tindakan penegakan hukum yang konsisten.

Johnny menyampaikan, langkah-langkah ini dilakukan agar dapat memberikan dampak jera kepada pelaku pinjol ilegal.

“Sehingga ruang digital itu dapat kita gunakan bersama sama untuk kepentingan negara masyarakat dan tentu untuk kepentingan usaha di sektor digital, termasuk fintech di dalamnya,” imbuhnya.

Johnny menuturkan, transformasi digital yang terakselerasi oleh pandemi Covid-19 telah mendorong signifikansi peran sektor jasa keuangan sebagai poros transaksi dalam ekosistem ekonomi digital.

Secara keseluruhan, kolaborasi yang kokoh dan sinergi, termasuk dari para pelaku sektor jasa keuangan secara nasional akan mendorong kesiapan Indonesia sebagai digital nation yang tangguh.

“Kami tentu berharap, kita semua tangguh, adaptif dan dapat mewujudkan inklusivitas demi mewujudkan Indonesia yang terkoneksi semakin digital dan semakin maju,” pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Layanan Keuangan Digital Pinjaman Online Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA)
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top