Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Pulih, LPS Yakin Simpanan Jumbo di Atas Rp5 Miliar Bakal Alami Penurunan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat nominal simpanan di perbankan pada Oktober 2021 mencapai Rp 7.301 triliun, atau naik 9,1 persen dari tahun lalu.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 11 Desember 2021  |  15:02 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan tren simpanan di atas Rp5 miliar diperkirakan akan berkurang ke depannya.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan penurunan ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan meningkat.

Di sisi lain, investasi akan terus berjalan dan membuat perusahaan akan membelanjakan uang mereka.

"Melihat ini, kami perkirakan kemungkinan tren dana pihak ke tiga (DPK) yang diatas Rp5 miliar tidak akan setinggi tahun ini," tambah Purbaya.

Sebelumnya, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat nominal simpanan di perbankan pada Oktober 2021 mencapai Rp 7.301 triliun, atau naik 9,1 persen dari tahun lalu.

Dari angka tersebut, simpanan di atas Rp 5 miliar pada Oktober 2021 naik 13, 6 persen (year-on-year/yoy) hingga Rp 3.719 triliun.

Kenaikan kelompak ini tertinggi dibandingkan tier simpanan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Purbaya mengungkapkan jika ada ruang menurunkan suku bunga penjamin simpanan LPS,  maka LPS akan selalu siap. Menurutnya jika pertumbuhan ekonomi diharapkan 5% maka pertumbuhan kredit harus double digit.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lps simpanan perbankan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top