Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi! BCA (BBCA) Terapkan BI-Fast di Situs Web myBCA

Layanan tersebut juga akan diterapkan di aplikasi myBCA untuk pengguna IOS dan Android.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  17:37 WIB
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) resmi mengimplementasikan layanan BI-Fast di kanal myBCA versi situs web. Ke depannya, layanan tersebut juga akan diterapkan di aplikasi myBCA untuk pengguna IOS dan Android.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengatakan BI-Fast merupakan inovasi dalam mendorong modernisasi Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan infrastruktur sistem pembayaran ritel.

Dia mengungkapkan bahwa perseroaan cukup antusias menyambut infrastruktur modern BI-Fast, yang secara berkesinambungan memperkuat inovasi, efisiensi dan resiliensi infrastruktur sistem pembayaran nasional sejajar dengan negara maju lainnya.

“Kami meyakini inovasi ini relevan dan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat khususnya nasabah perbankan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).

Penerapan sistem BI-Fast saat ini dapat dimanfaatkan nasabah di kanal myBCA versi website. myBCA merupakan digital platform yang hanya memerlukan single user ID nasabah untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening miliknya, dengan menggunakan BCA ID.

Sebagaimana diketahui, dengan layanan BI-Fast nasabah dapat melakukan transfer ke rekening antarbank secara daring, tersedia 24 jam 7 hari dalam satu minggu. Layanan ini juga akan dikembangkan di kanal BCA lainnya secara bertahap.

Melalui layanan BI Fast nasabah kini juga dapat melakukan transaksi transfer antarbank dengan tarif jauh lebih terjangkau dari transfer Lalu Lintas Giro (LLG), yakni Rp2.500 per transaksi.

Direktur BCA, Santoso mengatakan inisiatif baru ini akan memberikan kemudahan kepada nasabah dan diharapkan dapat mempercepat digitalisasi sistem keuangan, serta berkontribusi terhadap akselerasi pemulihan ekonomi.

Dia juga menyatakan BCA akan terus memperkuat ekosistem finansial, penyempurnaan dan modernisasi dari infrastruktur teknologi informasi yang dimiliki dalam mendukung keandalan, serta keamanan berbagai layanan perbankan transaksi digital.

“Diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi digital perbankan dan dapat mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan,” kata Santoso.

Transaksi internet banking BCA pada kuartal III/2021 tercatat tumbuh 29 persen secara tahunan (yoy) menjadi 1,09 miliar transaksi. Adapun, transaksi mobile banking BCA melonjak 55 persen yoy menjadi 2,64 miliar pada periode yang sama.

Dengan demikian, porsi transaksi digital banking yang mencakup mobile dan internet banking BCA sebesar 88 persen per kuartal III/2021, sementara porsi transaksi di kantor cabang tercatat sebesar 0,5 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca transfer bank Transaksi Nontunai BI Fast
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top