Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! Juda Agung dan Aida S Budiman Disumpah Sebagai Deputi Gubernur BI Hari Ini

Presiden mengangkat Juda Agung dan Aida S. Budiman dalam jabatan Deputi Gubernur BI terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah atau janji keduanya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  10:38 WIB
Pengukuhan Juda Agung (Kiri) dan Aida S. Budiman (Kanan) sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) oleh Mahkamah Agung di Jakarta, Kamis (5/1/2022) -  Istimewa
Pengukuhan Juda Agung (Kiri) dan Aida S. Budiman (Kanan) sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) oleh Mahkamah Agung di Jakarta, Kamis (5/1/2022) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia terpilih Juda Agung dan Aida S. Budiman resmi dilantik di Mahkamah Agung pada hari ini, Kamis (6/1/2022).

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 147/P/2021 yang ditandatangani pada 24 Desember 2021, Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Sugeng dan Rosmaya Hadi dari jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), terhitung sejak 6 Januari 2021.

Pemberhentian tersebut juga disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa keduanya selama memangku jabatan sebagai Deputi Gubernur BI.

Selanjutnya, Presiden mengangkat Juda Agung dan Aida S. Budiman dalam jabatan Deputi Gubernur BI terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah atau janji keduanya.

Dalam acara Sumpah Jabatan Deputi Gubernur BI, Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin menyampaikan bahwa Juda dan Aida telah diangkat sebagai Deputi Gubernur BI.

“Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur BI, Saudara dan Saudari wajib mengucapkan sumpah. Bersediakah Saudara dan Saudari mengucapkan sumpah jabatan menurut agama Saudara?” katanya, Kamis (6/1/2022).

“Bersedia,” Jawab Juda dan Aida secara bersamaan.

Selanjutnya, naskah sumpah jabatan diberikan dan dibacakan oleh Juda dan Aida.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga sesuatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gubernur BI dengan sebaik-baiknyanya dan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara, konstitusi, dan haluan negara,” ucap Juda dan Aida saat pembacaan sumpah jabatan.

Sebagaimana diketahui, Juda dan Aida telah menjalani uji kelayakan dan uji kepatutan (fit and proper test) pada 30 November 2021 di gedung DPR. Fit and proper test dipimpin langsung oleh Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganindito.

Keputusan ini pun telah disahkan dalam Rapat paripurna pada 7 Desember 2021.

Juda sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur sekaligus Kepala Kebijakan Makroprudensial BI. Dia akan menggantikan Deputi BI Sugeng.

Sementara, Aida sebelumnya menjabat sebagai Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI. Dia akan menggantikan Deputi BI Rosmaya Hadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

deputi gubernur bi
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top