Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Investasi Kripto 2022, Jangan Mudah Tertipu!

Berikut ini 6 tips berinvestasi dengan mata uang kripto 2022 seperti dilansir dari The Times pada Rabu (12/1/2022). Jangan mudah tertipu!
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  17:39 WIB
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin - Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi mata uang kripto (cryptocurrency) menjadi hal menarik bagi investor yang bernyali tinggi. Jika tahu celahnya, Anda bisa mendapat hasil yang sangat menjanjikan.

Namun, Anda sebaiknya jangan asal berinvestasi. Pahami terlebih dahulu hal yang harus dilakukan dan tidak saat investasi aset kripto. Sebisa mungkin Anda menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. Hal tersebut juga akan menurunkan risiko kerugian.

Melansir dari The Times pada Rabu (12/1/2022), berikut ini 6 tips berinvestasi dengan mata uang kripto. Jangan mudah tertipu!

1. Miliki strategi untuk perdagangan kripto

Tidak mudah untuk memisahkan rekomendasi cryptocurrency asli dari penipuan. Ada banyak ‘hiu’ di luar sana menunggu untuk mengambil uang Anda.

Penipuan investasi kripto semakin marak dan melonjak menjadi 7.118 dalam sembilan bulan pertama 2021. Nilai tersebut naik 30 persen bila dibandingkan dengan 2020. Jadi ketika Anda dihadapkan dengan banyak informasi tentang cryptocurrency, mundurlah dari hal-hal yang sedang hype.

Cobalah untuk melihat secara kritis proyek tersebut. Berapa banyak pengguna yang dimilikinya? Masalah apa yang dipecahkannya? Apakah ada hubungan dengan industri? Hindari koin yang memberikan janji tapi belum memberikan sesuatu yang nyata.

2. Kelola risiko

Beberapa orang yang menawarkan tip perdagangan kripto mungkin tidak memiliki minat terbaik Anda. Jadi jangan sampai tersengat melakukan kesalahan yang sama seperti orang lain.

Tetapkan batasan berapa banyak Anda berinvestasi dalam mata uang digital tertentu dan jangan tergoda untuk berdagang dengan lebih banyak uang daripada yang bisa Anda tanggung.

Perdagangan sryptocurrency merupakan investasi yang berisiko tinggi dan lebih banyak pedagang yang rugi daripada tidak.

3. Diversifikasi portofolio kripto

Tidak ada gunanya berinvestasi terlalu banyak dalam satu cryptocurrency. Seperti halnya saham, sebarkan uang Anda di antara berbagai mata uang digital.

Dengan begitu, Anda tidak mengambil risiko terlalu terekspos jika salah satu dari mereka jatuh nilainya. Terutama karena harga pasar dari investasi ini sangat fluktuatif. Ada ribuan pilihan koin untuk dipilih, jadi lakukan riset sebelum memilihnya.

4. Investasi untuk jangka panjang

Para pemula seringkali mudah terbuai dengan penipuan. Hal yang sering terjadi, para pemula sering ditipu untuk melakukan panic buying saat harga rendah.

Cryptocurrency tidak akan hilang. Justru, dengan meninggalkan uang Anda di pasar selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dapat menawarkan Anda hadiah terbaik.

5. Otomatiskan pembelian

Sama seperti saham biasa, pembelian menggunakan pembelian otomatis. Sebagian besar pertukaran mata uang kripto, termasuk Coinbase dan Gemini, memungkinkan Anda mengatur pembelian berulang.

Menentukan waktu jual beli cukup stres. Mengatur pembelian atau jual otomatis akan menghilangkan stres karena mencoba mengatur waktu pasar dengan membeli mata uang dengan harga yang menurut Anda serendah mungkin atau menjual dengan harga tertinggi. Ini adalah sesuatu yang bahkan para profesional pasar berjuang untuk melakukannya dengan benar.

6. Gunakan Bot 

Bot perdagangan dapat berguna dalam beberapa keadaan, tetapi bot tidak direkomendasikan untuk pemula yang mencari tips investasi kripto. Seringkali, mereka hanya penipuan yang menyamar.

Jika ada algoritma nyata yang mengatur waktu perdagangan beli dan jual Anda dengan sempurna, semua orang akan menggunakannya! Jangan mudah tertipu!


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

personal finance tips investasi mata uang kripto aset kripto
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top