Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah BRI, BNI (BBNI) Ikut Ekspansi ke Dunia Metaverse

BNI (BBNI) juga akan menggandeng Wir Group, perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR) yang berdiri sejak 2009.
Gedung BNI. /Istimewa
Gedung BNI. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) akan melebarkan layanan ke dunia metaverse. Bank  mengikuti jejak PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) yang telah lebih dahulu masuk ke dunia virtual dengan menggandeng WIR Group. 

Dalam undangan yang diterima Bisnis, diketahui BNI akan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan WIR Group besok, Selasa (15/2/2022). 

Dengan kerja sama ini maka sudah ada 2 bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang masuk ke dunia metaverse bekerja sama dengan WIR Group. 

WIR Group merupakan perusahaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR) yang berdiri sejak 2009.  Perusahaan ini telah melayani pasar internasional di lebih dari 20 negara. 

Adapun sebelumnya, BRI telah bekerja sama terlebih dahulu dengan WIR Group untuk mengembangkan layanan di metaverse. 

Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan kehadiran Bank BRI di dunia metaverse bertujuan menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada para nasabah dalam bertransaksi di perbankan. 

Hadirnya Bank BRI ke dalam dunia Metaverse diharapkan dapat menjadi perjalanan baru yang menyenangkan dan memberikan pengalaman baru untuk para nasabah, termasuk diantaranya pelaku UMKM. 

“Sekaligus dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi untuk melakukan berbagai layanan transaksi digital,” kata Aes kepada Bisnis, Senin (14/2/2022). 

Selain itu, kata Aes, dengan masuk ke metaverse diharapkan dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik ke depannya, baik secara virtual maupun luring.

Aes menjelaskan dalam tahap awal era metaverse ini, BRI akan memanfaatkan teknologi tersebut dengan menghadirkan Virtual Branch, edukasi perbankan dan layanan digital lainnya yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

“Digitalisasi ini diharapkan dapat makin memudahkan masyarakat untuk mendapat layanan perbankan secara cepat, mudah, efektif, dan aman,” kata Aes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper