Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BCA (BBCA) Harapkan Pertumbuhan KPR Membaik di Tahun Ini

KPR menjadi kontributor tertinggi kedua, yakni tumbuh 8,2 persen yoy menjadi Rp97,5 triliun pada Desember 2021.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  04:52 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit sektor properti pada Desember 2021 tumbuh 4,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Berdasarkan Analisis Uang Beredar (M2) yang dirilis BI per Desember 2021, Senin (24/1/2022), angka tersebut lebih tinggi dibandingkan posisi November 2021 sebesar 4,5 persen yoy. Pertumbuhan ini terutama terjadi pada KPR/KPA dan kredit konstruksi.

Jika dirinci, kredit KPR/KPA tumbuh meningkat, dari 9,3 persen yoy menjadi 9,7 persen yoy pada Desember 2021, terutama disebabkan oleh peningkatan KPR Tipe Diatas 70 di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Adapun, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) mencatat penyaluran kredit baru di segmen UKM dan KPR mampu melebihi capaian di tahun 2019.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn menerangkan KPR menjadi kontributor tertinggi kedua, yakni tumbuh 8,2 persen yoy menjadi Rp97,5 triliun pada Desember 2021.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, penyaluran KPR BCA meningkat signifikan seiring dengan kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membaik, yang didukung upaya pemerintah untuk mengendalikan Covid-19,” kata Hera kepada Bisnis, Senin (21/2/2022).

Untuk mendorong KPR pada 2021, emiten bank bersandi BBCA ini juga berinisiatif menggelar sejumlah event virtual seperti BCA Online Expoversary dan KPR BCA ONLINEXPO.

Selain itu, BCA juga melihat berbagai kebijakan pemerintah selama tahun 2021 mendorong masyarakat melakukan transaksi pembelian properti, yaitu kebijakan insentif PPN properti, pelonggaran LTV, serta relaksasi pencairan dana properti inden.

“Saat ini, pemerintah telah memperpanjang kebijakan relaksasi LTV hingga Desember 2022, sehingga kami terus berharap pertumbuhan KPR akan terus membaik pada tahun ini,” ujarnya.

Adapun di tahun ini, BCA juga akan terus berupaya menghadirkan berbagai macam penawaran terbaik untuk mendorong penyaluran KPR.

Hera menambahkan, dengan tetap berkomitmen memberikan nilai tambah kepada nasabah dan masyarakat luas, BCA kembali akan memberikan promo spesial di beragam program dan segmen pada acara BCA Expoversary Online 2022. Program ini dilakukan dalam rangka hari ulang tahun atau HUT BCA ke-65.

Sementara itu, BCA Expoversary Online 2022 dapat diakses di expo.bca.co.id mulai 24 Februari hingga 27 Maret 2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca kpr
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top