Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BJB (BJBR) Siap Rights Issue Hampir Rp1 Triliun. Mau Buat Apa?

Bank BJB (BJBR) menjadwalkan periode perdagangan HMETD dan pelaksanaan dimulai pada 9 sampai dengan 16 Maret 2022.
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB akan melakukan aksi penambahan modal melalui skema rights issue pada Maret 2022.

Rencana aksi aksi Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (PMHMETD I) ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS Tahunan pada 6 April 2021. Emiten bank daerah tersebut telah mengantongi pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 21 Februari 2022.

Berdasarkan prospektus ringkas yang dirilis perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/2/2022), BJBR akan menawarkan sebanyak-banyaknya 682,65 juta saham biasa seri B dengan nilai nominal Rp250 per saham.

Adapun, Bank BJB menetapkan harga pelaksanaan rights issue sebesar Rp1.355 per saham. Dengan demikian, BJB menargetkan akan mendapatkan dana sebesar Rp924,9 miliar dari aksi ini.

“Seluruh dana yang diperoleh dari hasil PMHMETD I ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan dipergunakan untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit perseroan,” jelas manajemen, Rabu (23/2/2022).

Dalam aksi ini, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai pemegang saham utama perseroan yang memiliki 3,75 miliar saham berhak memperoleh sebanyak 260,63 juta saham baru. Pemprov Jawa Barat menyatakan akan melaksanakan seluruh HMETD sesuai dengan porsi kepemilikan saham yang dimilikinya.

Apabila seluruh saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I setelah dikurangi komitmen pemegang saham tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham perseroan lainnya atau pemegang bukti HMETD yang berhak, maka sisa saham baru akan dialokasikan kepada pemegang saham perseroan lainnya yang telah melaksanakan haknya dan melakukan pemesanan saham baru tambahan.

Selanjutnya, BJBR menjadwalkan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD (cum right) di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 2 Maret 2022 dan di pasar tunai jatuh pada 7 Maret 2022.

Kemudian, tanggal mulai perdagangan saham tanpa HMETD (ex right) di pasar reguler dan pasar negosiasi dijadwalkan pada 4 Maret 2022 dan di pasar tunai pada 8 Maret 2022.

Emiten bank bersandi BJBR ini menjadwalkan periode perdagangan HMETD dan pelaksanaan dimulai pada 9 sampai dengan 16 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper