Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos FIF Ungkap Peran Besar AstraPay: Bikin Nasabah Betah

AstraPay membuat entitas jasa keuangan Astra Financial, termasuk FIFGroup mampu mengoptimalkan program loyalitas. Harapannya, hal ini memperbesar porsi nasabah setia yang melakukan pembiayaan berulang.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  14:55 WIB
AstraPay, aplikasi dompet digital garapan Grup Astra.
AstraPay, aplikasi dompet digital garapan Grup Astra.

Bisnis.com, JAKARTA - Platform dompet digital bagian Grup Astra (ASII), PT Astra Digital Arta atau AstraPay terbukti memiliki peran besar bagi lembaga pembiayaan alias leasing ekosistem Astra, terutama dalam hal mempertahankan nasabah setia.

Presiden Komisioner AstraPay yang sekaligus Direktur Utama PT Federal International Finance (FIFGroup) Margono Tanuwijaya membenarkan kehadiran AstraPay mengoptimalkan kehadiran program loyalitas.

Sebab, seluruh entitas jasa keuangan memahami bahwa inovasi digital bidang pembayaran ini sebenarnya bukan sekadar alat bertransaksi, namun juga membantu lebih dekat dengan setiap nasabah, lewat mengenal kebiasaan mereka secara lebih personal.

"Kalau konsumen menggunakan AstraPay secara luas, akan terlihat consumer behaviour, serta tergambar mereka ini sedang menyukai apa. Ini membantu kami untuk menggelar promosi yang lebih tepat sasaran. Kedua, mempermudah kami saat mereka mau mengajukan kredit baru," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (8/3/2022).

Margono menjelaskan bahwa AstraPay juga dirancang untuk menangkap keberlanjutan transaksi sektor otomotif setelah pembelian kendaraan terealisasi. Misalnya, alat pembayaran untuk pembelian suku cadang dan servis di Toyota Auto2000, bengkel Isuzu, dan AHASS buat sepeda motor Honda.

Terlebih, AstraPay juga telah dilengkapi fitur reward & loyalty konsumen berbentuk Astra Poin yang bisa ditukarkan dengan beragam voucher atau diskon belanja. Oleh sebab itu, Margono optimistis hampir semua debitur FIFGroup pasti tertarik menggunakan AstraPay.

"Ini secara tidak langsung membawa nasabah betah, di mana kalau melakukan transaksi terkait kendaraannya, sekalian semuanya lewat ekosistem Astra. Selain itu, dengan consumer behavior yang tercatat, ini juga memperbesar peluang nasabah mendapat penawaran khusus saat nantinya mengajukan pembiayaan lagi," tambahnya.

Sebagai informasi, total pembiayaan FIFGroup sepanjang di 2021 mencapai Rp31,83 triliun atau naik sebesar 5,7 persen (year-on-year/yoy) jika dibanding pencapaian periode 2020 yang senilai Rp30,11 triliun.

Lebih dari 66 persen merupakan kontribusi produk pembiayaan sepeda motor alias FIFASTRA, kemudian pembiayaan multiguna beragunan kendaraan atau DANASTRA di kisaran 30 persen.

Margono optimistis bahwa segala inisiatif digital Grup Astra, termasuk AstraPay, turut berpengaruh besar bagi kinerja pembiayaan FIFGroup di tahun ini. Target pembiayaan dipatok naik di kisaran 10 persen (yoy) pada akhir tahun nanti.

"Produk pembiayaan sepeda motor dan multiguna selama dua bulan ini trennya terus membaik. Permintaan dari nasabah eksisting pun besar, dan kami akan lebih agresif memberikan layanan yang pas buat mereka. Tapi kami tetap waspada terhadap ketidakpastian situasi perekonomian sekarang, karena pandemi masih ada, ditambah lagi pengaruh kondisi geopolitik terhadap perekonomian nasional," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grup astra fif group dompet digital
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top