Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkuat Modal Kerja, Asuransi Harta (AHAP) Mau Rights Issue 2 Miliar Saham

Asuransi Harta Aman (AHAP) akan melaksanakan penambahan modal melalui rights issue, yang dananya akan digunakan untuk penguatan modal kerja.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 10 Maret 2022  |  12:05 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia dikutip Kamis (10/3/2022), perseroan akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 2 miliar saham atau sebesar-besarnya 68,03 persen dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan, dengan nilai nominal Rp50 per saham. Adapun harga pelaksanaan akan ditetapkan dan diumumkan kemudian dalam prospektus HMETD.

Direksi menjelaskan bahwa PT Asuransi Central Asia selaku pemegang saham pengendali perseroan dengan kepemilikan 62,15 pesen telah menyatakan akan mengambil sebagian HMETD yang menjadi haknya. Sebagian penyetorannya dilakukan dengan mengkonversi pinjaman subordinasi kepada perseroan senilai Rp25 miliar yang telah tercatat dalam laporan keuangan per 31 Desember 2021 menjadi saham dalam PMHMETD.

Rencana PMHMETD ini akan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh sekitar 68,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh saat ini. Selanjutnya bagi pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru yang ditawarkan sesuai dengan HMETD yang dimiliknya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya (dilusi).

Atas rencana tersebut, perseroan akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan diselenggarakan pada 14 April 2022.

"Perseroan merencanakan menggunakan seluruh dana hasil PMHMETD untuk memperkuat struktur permodalan yang selanjutnya seluruhnya digunakan untuk modal kerja," terang direksi dalam keterbukaan informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt asuransi central asia permodalan asuransi umum rights issue
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top