Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenali Perbedaan antara BCA Mobile dan myBCA

Manajemen PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) memastikan bahwa BCA mobile dan myBCA akan menjadi solusi digital andalan perseroan dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi nasabah.
Nasabah bertransaksi di ATM BCA/Istimewa
Nasabah bertransaksi di ATM BCA/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memastikan bahwa aplikasi BCA Mobile dan myBCA akan tetap menjadi lini terdepan dalam menawarkan solusi digital. 

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengungkapkan bahwa BCA mobile dan myBCA tetap akan menjadi solusi digital andalan perseroan dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi nasabah. 

Fitur-fitur pada BCA mobile dan myBCA, kata Hera, dapat saling melengkapi dalam rangka mendukung transaksi digital, terutama bagi nasabah yang sudah terbiasa dengan menjalankan transaksi perbankan dari rumah.

“BCA mobile dan myBCA akan menjadi duet, berjalan bersamaan dalam jangka waktu yang panjang untuk memberikan solusi komprehensif layanan perbankan bagi nasabah dan masyarakat. Inovasi akan terus dilakukan untuk kedua layanan tersebut untuk menjawab gaya hidup dan tren digital saat ini,” ujar Hera.

Dikutip dari laman resmi BCA, Rabu (16/3/2022), terdapat sejumlah perbedaan antara BCA Mobile dengan MyBCA. Berikut rinciannya:

1. MyBCA

MyBCA merupakan digital platform terbaru dari perseroan yang membuat nasabah hanya memerlukan single user ID untuk mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya dengan menggunakan BCA ID.

Sementara itu, myBCA bisa diakses melalui aplikasi di ponsel pintar bersistem operasi iOS dan Android ataupun lewat situs web di desktop di laman https://mybca.bca.co.id.

Aplikasi ini setidaknya memiliki tiga fitur utama, yakni fitur administrasi, informasional, dan transaksional. Ketiganya memiliki sederet layanan yang dapat menunjang kebutuhan nasabah.

Fitur Administrasi

- Pengguna dapat membuat BCA ID baru

- Mengubah password, email, dan PIN transaksi

- Pengguna dapat memilih rekening yang dikoneksikan ke BCA ID serta dapat mengelolanya

- Pengguna dapat membuat atau menghapus alias untuk transfer antar bank dengan menggunakan nomor handphone ataupun email yang terdaftar.

Fitur informasional

- Pengguna dapat mengunduh e-Statement dari rekening yang dapat diakses oleh BCA ID

- Menampilkan informasi saldo rekening tabungan dan RDN yang dimiliki nasabah

- Pengguna dapat melihat transaksi terjadwal yang dibuat oleh BCA ID

- Melihat transaksi yang pernah dilakukan oleh BCA ID

- Menampilkan informasi mutasi rekening tabungan dan RDN, rekening deposito dan tahapan berjangka yang dimiliki nasabah

- Menampilkan informasi nilai tukar valas.

Fitur Transaksional

- Pengguna dapat melakukan pembayaran belanja dengan scan kode QR yang tergabung dalam jaringan QRIS

- Pengguna dapat melakukan transfer dana ke BCA Virtual Account

- Melakukan transfer dana ke rekening BCA

- Pengguna dapat membuka rekening e-Deposito

- Melakukan transfer ke Sakuku

- Pengguna dapat mengirim dana ke bank lain lewat layanan LLG, RTGS, Online dan BI FAST

- Nasabah dapat melakukan transfer dana ke rekening BCA dan bank lain dengan menggunakan nomor handphone ataupun email yang terdaftar sebagai nomor rekening tujuan transfer.

2. BCA Mobile

BCA Mobile adalah layanan perbankan online yang dapat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui ponsel pintar. BCA Mobile memiliki 2 layanan perbankan, yaitu klikBCA individual (internet banking) dan m-BCA (mobile banking).

Keunggulan aplikasi ini di antaranya adalah menggunakan sistem keamanan berlapis, memiliki fitur yang lengkap dan fasilitas daftar transfer untuk mendaftarkan nomor rekening tujuan baik untuk transfer antar rekening maupun ransfer ke bank lain.

Total ada 3 fitur di BCA Mobile, yaitu m-BCA, KlikBCA, dan InfoBCA. Selain itu, ada juga layanan buka rekening baru, ganti kode akses, dan Flazz.

  • Fitur M-BCA

Fitur ini menawarkan layanan perbankan yang mudah, praktis, dan aman. Transaksi yang dapat dilakukan melalui m-BCA, di antarnya fitur m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, Cardless, dan m-Admin.

  • Fitur KlikBCA

KlikBCA adalah sebuah layanan internet banking yang juga bisa diakses melalui aplikasi BCA Mobile. Kegunaannya hampir sama dengan m-BCA. Di sini nasabah bisa melakukan aneka transaksi, kecuali tarik tunai. Adapun layanan yang bisa diakses, yaitu pembelian, pembayaran, pembayaran e-commerce, transfer dana, informasi rekening, transaksi histori dan administrasi.

  • Fitur Info BCA

Fitur ini bisa diakses melalui BCA Mobile maupun dengan aplikasi Info BCA sendiri. Berbeda dengan m-BCA, aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan oleh calon nasabah. Beberapa layananya adalah informasi promo BCA, katalog produk BCA, dan informasi lokasi cabang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper