Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Tapering, BI Serap Likuiditas Rp55 Triliun dari Kenaikan GWM

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengataka pihaknya menyerap likuiditas Rp55 triliun dari giro wajib minimum (GWM).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  18:00 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mulai melakukan normalisasi kebijakan likuiditas atau tapering melalui kenaikan Giro Wajib Minimum (GWM) Rupiah sejak 1 Maret 2022.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan penyesuaian secara bertahap GWM tahap I tersebut telah menyerap likuiditas perbankan sebesar Rp55 triliun.

“Penyesuaian GWM Rupiah tahap I dan pemberian insentif GWM sejak 1 Maret 2022 menyerap likuiditas perbankan sekitar Rp55 triliun secara neto,” katanya dalam konferensi pers virtual usai Rapat Dewan Gubernur (RDG), Kamis (17/3/2022).

Perry mengatakan normalisasi kebijakan likuiditas tersebut berlangsung tanpa mengganggu kondisi likuiditas perbankan.

Menurutnya, penyerapan likuiditas tersebut tidak mengurangi kemampuan perbankan dalam penyaluran kredit atau pembiayaan kepada dunia usaha dan partisipasi dalam pembelian SBN untuk pembiayaan APBN. 

"Likuiditas di perbankan pun tercatat sangat longgar, tercermin dari rasio alat likuid terhadap dana pihak ketiga [AL/DPK] yang mencapai 32,72 persen dan dana pihak ketiga [DPK] tumbuh 11,11 persen secara tahunan pada Februari 2022," ujarnya. 

Dia menuturkna likuiditas perekonomian juga tetap longgar, tercermin pada uang beredar dalam arti sempit (M1) dan luas (M2) yang tumbuh masing-masing sebesar 18,3 persen dan 12,5 persen secara tahunan, terutama didukung oleh berlanjutnya peningkatan kredit perbankan dan ekspansi fiskal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia gwm tapering
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top