Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garap Ekosistem Otomotif, Danamon Komitmen Dongkrak Perekonomian Nasional

PT Bank Danamon Indonesia Tbk bersama Adira Finance, didukung MUFG berkomitmen memberikan dukungan finansial maksimal kepada eksosistem industri otomotif nasional sebagai wujud kontribusi pada pertumbuhan perekonomian nasional. dengan menjadi official bank partner dan official multi-finance partner perhelatan IIMS Hybrid 2022.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 05 April 2022  |  19:51 WIB
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Yasushi Itagaki, ketika memberikan sambutan dalam acara CEO Intimate Sharing Session, di JIExpo Kemayoran (31 Maret 2022). Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa Danamon, Adira Finance, dan MUFG merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam IIMS 2022 dan menjadi mitra perbankan dan multifinance resmi salah satu perhelatan otomotif terbesar di tanah air tersebut.
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Yasushi Itagaki, ketika memberikan sambutan dalam acara CEO Intimate Sharing Session, di JIExpo Kemayoran (31 Maret 2022). Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa Danamon, Adira Finance, dan MUFG merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam IIMS 2022 dan menjadi mitra perbankan dan multifinance resmi salah satu perhelatan otomotif terbesar di tanah air tersebut.

Bisnis, JAKARTA - Pemulihan perekonomian Indonesia paska pandemi Covid-19 kian menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari perekonomian negara yang tumbuh 3,7% pada 2021, lebih baik dibandingkan 2020 yang mengalami kontraksi 2,07%.

Fenomena tersebut tidak lepas dari bangkitnya industri otomotif nasional dengan kinerja penjualan kendaraan roda empat menembus angka 887.202 unit (2021) atau naik 66,7% dibanding 2020 sebanyak 532.027 unit.

Oleh karena itu, seiring kesamaan aspirasi dan keyakinan akan besarnya peluang pertumbuhan ekonomi di Indonesia tersebut secara jangka panjang, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), didukung MUFG Bank, Ltd (MUFG) berkomitmen memberikan dukungan finansial maksimal kepada eksosistem industri otomotif nasional.

Yasushi Itagaki, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk. menyatakan bahwa perusahaannya  ingin semakin dikenal dan diakui sebagai bank partner atau entitas lembaga keuangan solutif dan komprehensif yang dapat memberikan dukungan finansial maksimal kepada ekosistem industri otomotif nasional.

Yasushi meyakini bahwa industri otomotif adalah salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan penggerak ekonomi lebih hijau melalui pengembangan teknologi berkelanjutan, seperti yang selama ini mereka berikan dukungan finansial.

“Kami memiliki kemampuan untuk melayani konsumen dari semua level, mulai manufaktur (ATPM), dealer, hingga sebagai perusahaan pembiayaan untuk konsumen ritel. Hal ini karena kami sangat percaya bahwa efisiensi sebuah ekosistem akan meningkat dengan adanya sistem pendukung rantai pasok keuangan (financial supply chain) yang terintegrasi end-to-end. Bersama Danamon, ADMF dan MUFG mampu memberikan solusi keuangan konvensional dan syariah yang lengkap kepada setiap bagian ekosistem,” tuturnya, Selasa (5/4).

Selama 65 tahun terakhir, Danamon telah mengembangkan jaringan nasabah luas dengan pemahaman mendalam tentang pasar Indonesia, serta membangun franchise yang kredibel dan dihormati. Hal ini ditandai dengan hubungan yang kuat dengan klien dan mitra, terutama yang aktif di segmen komersial dan UKM.

Menurutnya, komitmen tersebut semakin kuat sejak 2019, di mana Danamon menjadi bagian dari MUFG (bank terbesar di Jepang dan salah satu lembaga keuangan terkemuka di dunia), sebagai bank pilihan bagi sebagian besar produsen dan pemasok mobil Jepang.

Hal tersebut juga turut menguatkan posisi Adira Finance sebagai perusahaan multifinance yang mendukung kebutuhan keuangan pembeli ritel roda dua dan roda empat, baik kendaraan baru maupun bekas, dan melayani semua merek.

Komitmen pada pertumbuhan ekonomi dan ekosistem industri otomotif nasional tersebut semakin ditunjukkan oleh Danamon bersama Adira Finance dan MUFG dengan dukungannya sebagai official bank partner dan official multi-finance partner perhelatan IIMS Hybrid 2022.

“Danamon bangga bisa menjadi bagian dari momentum penting ini, yang menunjukkan komitmen kami untuk mendukung program stimulus dari pemerintah Indonesia untuk mengangkat pertumbuhan industri otomotif dan pariwisata,” ujarnya.

Menurutnya upaya untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional juga selaras dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan. “Kami juga berkomitmen kuat untuk mendukung program pemulihan ekonomi pemerintah Indonesia guna membentuk masa depan Indonesia yang lebih cerah,” tambah Yasushi.

IIMS Hybrid 2022 merupakan milestone kebangkitan industri otomotif dan pemulihan ekonomi Indonesia, karena perhelatan ini mengintegrasikan seluruh ekosistem industri otomotif Indonesia dan berkontribusi pada inisiatif pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ajang ini juga mendorong pemangku kepentingan industri otomotif untuk turut menyukseskan program transisi energi bersih guna mencapai target net zero emission pada 2060. Hal ini sejalan dengan komitmen grup untuk mendukung transisi ke teknologi hijau di industri otomotif.

“Kami memahami bahwa tren transisi hijau ini akan terus berlanjut, seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan berbagai masalah lingkungan yang disebabkan oleh polusi udara akibat kendaraan bermotor. Kami berkomitmen untuk menjadikan teknologi yang bersih dan sadar lingkungan tersedia untuk semua orang,” ujar Yasushi.

Di sisi lain, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Danamon merupakan lembaga keuangan yang tepat dengan kemampuan yang mumpuni untuk memberikan solusi keuangan yang memerlukan tingkat likuiditas yang baik.

Danamon saat ini menyediakan program pembiayaan kepada lebih dari 150 distributor otomotif di seluruh negeri. Disamping itu, juga akan terus memperluas layanan, mencakup layanan pinjaman, cash management, trade finance dan treasury untuk menjadi mitra bank transaksional pilihan industri otomotif, baik produsen besar, dealer dan konsumen di seluruh Indonesia.

Danamon juga mendukung segmen aftermarket otomotif, termasuk bengkel, suku cadang dan perusahaan aksesoris di ekosistem otomotif yang lebih luas dengan memberikan solusi digital, perlindungan dan pinjaman usaha.

Selain itu, Danamon juga menyediakan solusi keuangan lainnya seperti KPR, kartu kredit, tabungan, dan D-Bank PRO sebagai aplikasi mobile banking dan solusi digital terintegrasi, sejalan dengan tujuan Danamon menjadi solusi keuangan satu atap atau komprehensif bagi nasabah ritel.

“Melalui berbagai penawaran produk dan kemampuan unik grup kami, Danamon berkomitmen untuk mengembangkan organisasi customer-centric untuk mewujudkan brand promise kami; menjadi enabler dan katalis finansial yang memberikan solusi keuangan bagi nasabah agar mereka dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” tutup Yasushi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iims danamon bank danamon IIMS 2022
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top