Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBI Soroti Perubahan Bisnis di Sektor Perbankan

Ikatan Bankir Indonesia (IBI) memandang perubahan di industri perbankan terasa semakin kencang bergerak, saat pandemi Covid-19 telah membuat kegiatan digitalisasi berkembang sangat pesat.
Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia, Haryanto Tiara Budiman./ikatanbankir.or.id
Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia, Haryanto Tiara Budiman./ikatanbankir.or.id

Bisnis.com, JAKARTA – Ikatan Bankir Indonesia (IBI) kembali mengumpulkan para bankir di seluruh Indonesia dalam acara Bankers Dialogue eps 2, dengan acara yang bertajuk The Next Journey for Bankers.

Sekadar informasi, acara tersebut disiarkan secara online melalui aplikasi Zoom dan juga kanal YouTube Ikatan Bankir Indonesia.

Adapun, tajuk acara ini dipilih mengingat adanya perubahan bisnis di sektor perbankan yang terus bergulir. Perubahan di industri perbankan terasa semakin kencang bergerak, saat pandemi Covid-19 telah membuat kegiatan digitalisasi berkembang sangat pesat.

Namun, transformasi ini tak dimaksudkan sama sekali untuk menghapus sistem konvensional yang telah berlaku selama ini.

Pasalnya, digitalisasi hanyalah cara baru yang diharapkan menjadi sumber perbankan dalam memperluas akses pencapaian kinerja yang lebih baik pada masa mendatang.

Proses transformasi perbankan mensyaratkan banyak hal dan penuh tantangan. Selain masalah sumber daya manusia (SDM) yang dituntut lebih adaptif terhadap teknologi, pengembangan produk baru pun berpeluang kian luas dan fleksibel.

Ketua IBI Haryanto T. Budiman menilai peran bankir dalam perubahan pola bisnis perbankan sangat besar. Menurutnya, bankir di masa depan harus memiliki wawasan yang sangat luas, tidak hanya memahami aspek resiko namun juga harus memahami tren digitalisasi.

“Karena digitalisasi tidak hanya memberikan peluang namun juga memberikan tantangan tersendiri,” kata Haryanto, Rabu (20/4/2022).

Maka dari itu, kali ini, Bankers Dialogue episode 2 menghadirkan dua narasumber yang memiliki pengalaman hebat dalam restruksi sebuah organisasi.

Mereka adalah Menteri ESDM periode 2016-2019, Ignasius Jonan dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), Royke Tumilaar.

Ignasius Jonan mengawali karir sebagai bankir pada tahun 1986 hingga akhirnya berhasil menduduki beberapa jabatan strategis pada perusahaan keuangan, seperti Direktur Citibank N.A. dan Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper