Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Ketum IBI Bertemu JP Morgan, Bahas 'Ramalan' Bank Masa Depan

Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia(IBI) Haryanto T. Budiman menceritakan bertemu JP Morgan dan membahas 'ramalan' bank di masa depan.
Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia, Haryanto Tiara Budiman./ikatanbankir.or.id
Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia, Haryanto Tiara Budiman./ikatanbankir.or.id

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Haryanto T. Budiman membagikan kisahnya mengenai ramalan bank di masa depan.

Obrolan tersebut terjadi sekitar 4 tahun silam, di mana Chairman & CEO JP Morgan Chase, Jamie Dimon berkunjung ke Indonesia untuk memperingati ulang tahun ke-50 berdirinya JP Morgan Chase di Indonesia, bank terbesar di Amerika Serikat.

Dalam obrolan tersebut, Haryanto menanyakan pertanyaan sederhana akan apa yang terjadi dengan perbankan di masa depan.

Jamie mengatakan kebutuhan jasa perbankan hingga 30 tahun ke depan masih akan tetap ada. Namun, yang membedakan ialah dari cara melayani bank ke nasabah akan berbeda lantaran proses digitalisasi.

Inovasi dalam teknologi juga akan terus mengalami kemajuan, hanya dengan satu tombol saja semua bisa langsung terjadi. Terbukti di tengah pandemi Covid-19proses perbankan bisa dilakukan dengan cepat,” ujar Haryanto dalam diskusi virtual bertajuk Bank of The Future, Fostering Indonesia Banking Potential, Rabu (26/1/2022).

Haryanto menyimpulkan fenomena tersebut menggambarkan bahwa inovasi di bidang teknologi akan memiliki dampak yang luas bukan hanya pada retail bankingmelainkan juga pada wholesale banking.

Untuk pertama kalinya, Banker Dialogue menghadirkan tiga narasumber yang relevan dengan tema yang diangkat, yakni Managing Director Bank Mandiri Timothy Utama, CEO Bank Jago Karim Siregar, dan Direktur information Technology Bank Syariah Indonesia Achmad Syafii.

Diskusi dengan tema BANK OF THE FUTURE, Fostering Indonesia Banking Potential, berkaitan dengan isu digitalisasi dalam dunia perbankan di Indonesia sudah tidak bisa dihindarkan lagi. 

Dalam rangka meningkatkan awareness para anggota dan masyarakat tentang profesi bankir dan juga segala macam tantangannya, IBI menghadirkan sebuah wadah bagi para bankir untuk bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk sebuah program talk show bernama Bankers Dialogue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper