Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Allo Apps hingga QRIS MPM, Allo Bank (BBHI) Kantongi Izin Produk Bank Digital

Allo Bank akan meluncurkan produk digital dan aplikasi Allo Apps melalui acara Allo Bank Festival pada 20 – 22 Mei 2022 di Istora Senayan, Jakarta.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  18:36 WIB
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022).  - Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Nasabah melakukan transaksi melalui aplikasi Allo Bank di Jakarta, Selasa (4/1/2022). - Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Bank digital besutan CT Group, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) telah mengantongi izin persetujuan pengembangan uang elektronik server based, aplikasi Allo Bank, serta QRIS MPM.

Selain itu, Allo Bank juga sudah mendapatkan perizinan kerja sama dengan PT Bank Mega, PT Rintis Sejahtera, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, PT Ayopop Teknologi Indonesia, PT Advance Intelligence Indonesia, dan PT ASLI Rancangan Indonesia. 

“Hal ini menunjuk Surat No.24/133/DKSP/Srt/B tanggal 13 Mei 2022 yang dikeluarkan oleh Kepala Departemen Kepala Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia,” kata manajemen Allo Bank dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (18/5/2022). 

Selanjutnya, manajemen BBHI menyampaikan dengan ini terbitnya perizinan tersebut, maka Allo Bank dapat melakukan pengembangan produk uang elektronik (UE) server base dan aplikasi Allo Apps berbasis iOS dan Android serta QRIS MPM sebagai issuer dengan sumber dana simpanan. 

“Berbekal hal tersebut, kami dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat memperluas jangkauan terhadap berbagai segmen di masyarakat dengan menggunakan basis teknologi digital,” jelasnya. 

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi, Jumat (13/5/2022), Allo Bank mengumumkan akan meluncurkan produk digital dan aplikasi Allo Apps melalui acara Allo Bank Festival. Festival musik itu bakal diselenggarakan pada 20 – 22 Mei 2022 di Istora Senayan, Jakarta. 

Terpisah, emiten bersandi saham BBHI ini juga berencana mengalihkan aset dan liabilitas tertentu yang terkait dengan layanan bank konvensional kepada PT Bank Mega Tbk. (MEGA). 

Rencana pengalihan tersebut termasuk dengan mengalihkan kantor cabang dengan tujuan untuk membatasi jumlah kantor cabang Allo Bank, serta karyawan yang terkait dengan kantor cabang. 

Sementara itu, Bank Mega yang juga merupakan entitas terafiliasi juga berminat untuk mengambil alih aset dan liabilitas tertentu yang dimiliki oleh Allo Bank, sehingga meningkatkan aktiva produktif, jumlah nasabah, dan jaringan kantor cabangnya. 

Apabila dirinci, pengalihan aset tersebut meliputi kredit yang diberikan (termasuk pendapatan bunga yang masih akan diterima), aktiva tetap (properti dan inventaris kantor), serta aktiva lain-lain (agunan yang diambil alih dan properti terbengkalai). Lalu, liabilitas yang dimaksud meliputi simpanan nasabah yang berupa giro, tabungan, dan deposito (termasuk bunga yang masih harus dibayar).

Adapun, harga pengalihan aset dan liabilitas masing-masing sebesar Rp958,62 miliar dan Rp921,38 miliar. Sedangkan, harga pengalihan secara nett sebesar Rp37,24 miliar.

Manajemen Allo Bank menyampaikan bahwa hal itu sesuai dengan rencana pengembangan layanan jasa perbankan digital perseroan, maka aset dan liabilitas tertentu yang dimiliki Allo Bank yang terkait dengan layanan jasa perbankan konvensional menjadi tidak produktif dan dapat menyebabkan dampak yang negatif terhadap pelayanan kepada nasabah. 

“Manfaat dari pengalihan ini adalah akan membuat perseroan lebih fokus pada layanan perbankan digital,” jelas manajemen Allo Bank dalam keterbukaan informasi, Selasa (12/4/2022). 

Selain itu, pengalihan aset dan liabilitas kepada Bank Mega juga merupakan wujud dari tanggung jawab BBHI terhadap pelayanan kepada nasabah, karena Allo Bank meyakini Bank Mega memiliki kemampuan finansial, sistem dan pelayanan yang baik di samping jaringan kantor yang memadai dalam melayani nasabah perbankan konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan ct group Bank Digital Allo Bank
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top