Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Multifinance Milik Sumitomo Mitsui Sukses Lampaui Angka Sebelum Pandemi

Laba bersih multifinance terafiliasi raksasa korporasi asal Jepang, Sumitomo dan Mitsui ini mencapai Rp16,59 miliar, naik 66 persen (year-on-year/yoy) dari periode sebelumnya dan melampaui era pandemi.
Multifinance/Istimewa
Multifinance/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT SMFL Leasing Indonesia berhasil melampaui kinerja laba era normal sebelum pandemi Covid-19 alias periode 2019.

Berdasarkan laporan keuangan SMFL Leasing yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia, laba bersih periode 2021 mencapai Rp16,59 miliar, naik 66 persen (year-on-year/yoy) dari periode 2020 senilai Rp9,95 miliar.

Sebagai catatan, laba bersih multifinance terafiliasi raksasa korporasi asal Jepang, Sumitomo dan Mitsui ini mencapai Rp14,3 triliun, menandakan SMFL Leasing telah pulih dan melampaui kinerja sebelum pandemi.

Kinerja laba SMFL Leasing periode 2021 tampak ditopang efisiensi beban, karena pendapatan masih turun dari Rp226,33 miliar menjadi Rp215,75 miliar. Sementara itu, total beban turun dari Rp210,6 miliar menjadi Rp191,42 miliar.

Adapun, multifinance yang fokus di lini bisnis sewa pembiayaan dan sewa guna usaha ini juga mencatatkan peningkatan aset sebesar 9,1 persen (yoy) menjadi Rp2,79 triliun dari periode 2020 senilai Rp2,56 triliun. Namun, belum setara aset periode normal atau 2019 di level Rp3,02 triliun.

Pertumbuhan aset ini ditopang komponen investasi bersih dalam sewa pembiayaan yang tumbuh pesat dari Rp1,86 triliun pada 2020 menjadi Rp2,42 triliun pada 2021. Padahal, piutang pembiayaan secara angsuran turun dari Rp505,69 miliar menjadi Rp254,56 miliar.

Sebagai gambaran, SMFL Leasing berfokus pada produk sewa pembiayaan segmen korporasi untuk segala jenis barang, dengan sektor manufaktur menyumbang porsi terbesar sekitar 25 persen dari total outstanding. Disusul konstruksi, tambang, pengangkutan dan perdagangan, serta pertanian, kehutanan, dan perikanan.

SMFL Leasing sendiri merupakan anak usaha langsung dari Sumitomo Mitsui Finance and Leasing Co., Ltd. bagian dari Sumitomo Mitsui Financial Group, dengan porsi kepemilikan 85 persen.

Perwakilan multifinance Sumitomo Mitsui Finance and Leasing di Indonesia ini juga dimiliki PT Bank BTPN Tbk., yang notabene perbankan terafiliasi SMBC sebesar 9 persen, serta perusahaan dagang multi bisnis PT Sumitomo Indonesia sebesar 6 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper