Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rombongan Leasing Astra (AISI) Salurkan Pembiayaan Rp90,5 Triliun pada 2021

Rombongan perusahaan pembiayaan (multifinance atau leasing) besutan emiten otomotif PT Astra International Tbk. (ASII) sudah hampir kembali ke performa penyaluran pembiayaan seperti era sebelum pandemi.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  17:41 WIB
Menara Astra.  - Istimewa
Menara Astra. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Rombongan perusahaan pembiayaan (multifinance atau leasing) besutan emiten otomotif PT Astra International Tbk. (ASII) sedikit lagi kembali ke performa penyaluran kredit seperti era sebelum pandemi.

Sebagai informasi, Grup Astra mengumpulkan rombongan entitas lembaga keuangannya ke dalam PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial, termasuk para entitas leasing beraset jumbo. Secara umum terbagi di bidang, yaitu pembiayaan kendaraan roda empat, roda dua, dan alat berat.

Yulian Warman, GFC Leader Communication & ESR Astra Financial menggambarkan bahwa kinerja rombongan leasing ini sebenarnya telah pulih cukup signifikan setelah sebelumnya terdampak pandemi Covid-19 di tahun sebelumnya.

"Semua sektor, baik untuk pembiayaan mobil, motor, dan alat berat, sepanjang 2020 totalnya senilai Rp70,5 triliun, sementara 2021 itu Rp90,5 triliun atau naik sekitar 28,4 persen [year-on-year/yoy]," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (18/5/2022).

Sebagai gambaran, sepanjang 2019 pembiayaan leasing Astra mencapai sekitar Rp91,3 triliun. Terbagi untuk pembiayaan mobil sekitar Rp47 triliun, pembiayaan motor sekitar Rp40 triliun, dan alat berat di kisaran Rp4,3 triliun.

Adapun pada 2020, pandemi Covid-19 membuat semuanya anjlok. Tepatnya pembiayaan mobil Rp35,6 triliun, pembiayaan sepeda motor Rp31,4 triliun, dan alat berat Rp3,5 triliun.

"Tahun 2021, pembiayaan mobil dan alat berat yang telah melampaui era normal sebelum pandemi, yaitu masing-masing Rp50,3 triliun dan Rp6,8 triliun. Sementara itu, pembiayaan sepeda motor Rp33,4 triliun," tambahnya.

Pembiayaan mobil secara umum diambil PT Astra Sedaya Finance yang kini berstatus sebagai kepala grup Astra Credit Companies (ACC). Adapun, PT Toyota Astra Financial Services dikhususkan untuk pembiayaan atau sewa pembiayaan mobil merek Toyota dan Lexus.

Leasing khusus alat berat terbagi PT Surya Artha Nusantara Finance (SANF) dan PT Komatsu Astra Finance. Sementara wakil Astra untuk pembiayaan sepeda motor, terutama merek Honda, dipegang oleh PT Federal International Finance Group (FIF Group).

Di samping itu, Astra juga memiliki beberapa leasing lain yang dimiliki secara tidak langsung, seperti Astra Auto Finance dan Swadharma Bhakti Sedaya Finance yang telah tergabung ke ACC, Sharia Multifinance Astra khusus untuk produk syariah, dan Astra Multi Finance khusus kredit elektronik yang masih menjadi bagian dari FIFGROUP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance astra international fif group astra sedaya finance
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top