Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Ini 5 Tips Pilih Exchange Aset Kripto di Indonesia

Penting memilih exchange atau bursa pertukaran yang tepat sebelum memulai investasi atau trading aset kripto.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  10:32 WIB
Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini, popularitas cryptocurrency atau aset kripto tengah menanjak. Semakin banyak orang tertarik berinvestasi aset kripto karena keuntungan yang diraih bisa capai ratusan persen. Jika ingin memulai investasi ini, penting memilih exchange atau bursa pertukaran yang tepat.

Terlebih, banyak nama besar dunia yang sudah menjadikan aset kripto sebagai salah satu instrumen investasinya, seperti Michael J. Saylor dan Tim Draper. Pertanyaan berikutnya pun muncul, sebaiknya trading crypto di mana ya?

Agar tidak salah langkah, simak dulu beberapa tips dikutip dari Pintu Academy, Rabu (25/5/2022) dalam memilih perusahaan exchange di Indonesia berikut ini!

Pastikan Sudah Terdaftar di Bappebti

Faktor keamanan menjadi salah satu hal yang paling penting. Kamu harus memastikan perusahaan Exchange Crypto Indonesia yang kamu pilih sudah terdaftar resmi di Bappebti.

Begitu suatu perusahaan exchange diakui Bappebti, artinya mereka berani menjamin keamanan investasi nasabah. Ini termasuk kepemilikan modal kuat untuk me-refund dana nasabah jika terjadi insiden, sekaligus membangun infrastruktur keamanan berlapis. Perusahaan kecil bermodal minim hampir pasti tidak sanggup melakukan hal demikian.

Sudah Menerapkan Verifikasi KYC

Perusahaan exchange yang baik tidak segan memberlakukan proses verifikasi KYC (Know Your Customer) secara disiplin dan ketat. Hal tersebut penting guna menjamin pengguna atau investor yang mendaftarkan diri benar-benar beridentitas jelas dan dapat ditelusuri jika ada masalah.

Sebagai tambahan, verifikasi KYC juga turut mengantisipasi tidak adanya praktik AML atau Anti Money Laundering. Perusahaan exchange bisa memastikan aset crypto yang dibeli investor benar untuk investasi, bukan kepentingan mencuci uang.

Periksa Fitur Keamanan Akses

Cek lagi, dapatkah menemukan fitur keamanan akses berupa 2FA atau Two Factor Authentication pada perusahaan Exchange Crypto Indonesia tersebut? Fitur ini penting agar siapapun yang mengakses akun kamu harus melalui dua kali proses verifikasi identitas.

Berapa Jumlah Aset Crypto yang Ditawarkan

Meski faktor ini tergantung pada prioritas dari tiap pengguna, kamu bisa mengandalkan perusahaan exchange yang menawarkan berbagai aset crypto dalam sistemnya. Banyak sedikitnya aset crypto yang disediakan membuktikan perusahaan exchange tersebut punya pengalaman, sumber daya, dan teknologi terbaik untuk menangani aset kripto yang beragam.

Cari tahu juga popularitas perusahaan exchange tersebut dengan mengamati jumlah transaksi atau jumlah anggota yang terdaftar. Data tersebut akan menunjukkan seperti apa likuiditas pasarnya sehingga membuat harga crypto pun lebih bersaing. Plus, pertimbangkan juga berapa besaran biaya transaksi yang berlaku.

Cermati Peran Layanan Pelanggan

Sekalipun prosedur transaksi sudah tertulis, tak jarang investor pemula bingung harus melakukan apa saja. Maka, pastikan perusahaan Exchange Crypto Indonesia bersangkutan menyediakan layanan pelanggan yang cepat dan responsif. Apa pun keluhan investor sebagai pengguna, dapat ditanggapi dan ditangani secara solutif tanpa mengorbankan waktu, keamanan, dan kenyamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi cryptocurrency aset kripto
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top