Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres: Rapat Pleno KNEKS Bahas Penguatan Master Plan Data Ekonomi Syariah

Wapres menyampaikan penyelenggaraan Rapat Pleno kedua oleh KNEKS menghasilkan tujuan penguatan komitmen menuju ekosistem syariah di Indonesia sekaligus menjadi pusat halal dunia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  14:01 WIB
Wapres: Rapat Pleno KNEKS Bahas Penguatan Master Plan Data Ekonomi Syariah
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Rapat Pleno kedua KNEKS, di Jakarta, Senin (30/5/2022) - Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan penyelenggaraan Rapat Pleno kedua oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menghasilkan tujuan penguatan komitmen menuju ekosistem syariah di Indonesia.

Wapres menjabarkan, agenda utama dalam rapat pleno kedua yang berjalan pada hari ini, Senin (30/5) adalah untuk melangkah lebih cepat untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat halal dunia dengan membangun berbagai ekosistem pendukung.

“Bahasan [rapat pleno kedua] yang dibahas adalah yaitu tentang penguatan master plan tentang data ekonomi syariah yang lebih lengkap,” ujarnya saat ditemui Bisnis di Ruang Mezanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Senin (30/5/2022)

Lebih lanjut, Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) ini menyebut pihaknya akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah.

“Ke depan kami akan membangun yaitu Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh Provinsi. [Adapun] yang sudah ada sekarang, itu adalah di Sumatera Barat dan akan ada juga di Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, dan akan terus dikembangkan [ke seluruh pelosok Negeri],” ungkap Wapres.

Sekadar informasi, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyelenggarakan Rapat Pleno kedua yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/5/2022).

Rapat yang mengangkat tema "Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia" ini merupakan kelanjutan dari Pleno Pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021.

Rapat Pleno ini bertujuan memberikan laporan terkini sekaligus meminta arahan Ketua Harian atas pelaksanaan berbagai program kerja KNEKS, baik 13 Program Prioritas yang telah disepakati pada rapat pleno sebelumnya di 2021, maupun program kerja KNEKS lainnya.

Semua inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan Pusat Produsen Halal Dunia, di antaranya terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah keuangan syariah wapres ma'ruf amin
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top