Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buka Rapat KNEKS, Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Masih dalam Tahap Pemulihan

Menkeu mengatakan bahwa rapat pleno kedua KNEKS bertujuan untuk menginformasikan perkembangan atas capaian-capaian program kerja.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  12:09 WIB
Buka Rapat KNEKS, Sri Mulyani: Ekonomi Syariah Masih dalam Tahap Pemulihan
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati - Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat Pleno kedua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) berlangsung hari ini, Senin (30/5/2022) di Kementerian Keuangan, Jakarta.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa rapat pleno ini bertujuan untuk menginformasikan perkembangan atas capaian-capaian program kerja KNEKS.

Sekretaris KNEKS ini juga mengungkapkan, di tengah proses pemulihan ekonomi di Indonesia, ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita semua mengetahui bahwa ekonomi Indonesia sedang dalam proses pemulihan. Sektor ekonomi dan keuangan syariah pun sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi baru Indonesia [ke depan],” ujarnya saat membuka Rapat Pleno kedua KNEKS, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, sektor ekonomi dan keuangan syariah diyakini dapat menjadi salah satu solusi untuk menjawab tantangan dan dinamika perekonomian nasional.

"Industri halal dalam hal ini diprediksikan akan menjadi salah satu faktor penting untuk menyumbangkan ekonomi nasional dan sekaligus merealisasikan visi Indonesia Maju Tahun 2045," katanya.

Selain itu, secara khusus Menkeu juga berterima kasih karena kementeriannya dapat menjadi tuan rumah rapat pleno sehingga Wapres Ma'ruf dan menteri-menteri lain dapat menengok kantor Kementerian Keuangan.

"Dengan kesempatan ini juga Pak Wapres bisa melihat kantor Kementerian Keuangan, terima kasih Bapak, karena kadang-kadang kami bekerja jarang ditengok pak kantornya. Para menteri juga jarang juga ke sini Bapak, karena sekarang cuman minta WA saja Pak kalau komunikasi," tutur Sri Mulyani.

Sekadar informasi, KNEKS menyelenggarakan Rapat Pleno kedua yang dipimpin langsung oleh Wapres Maruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS di Ruang Mezzanine, di Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/5/2022).

Dalam rapat ini turut hadir pimpinan dari 26 kementerian/lembaga/instansi Anggota dan non-Anggota KNEKS, serta beberapa pemimpin daerah provinsi di Indonesia.

Rapat yang mengangkat tema "Bergerak Lebih Cepat untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia" ini merupakan lanjutan dari Pleno Pertama yang dilaksanakan pada 30 November 2021.

Tema ini diambil dengan pertimbangan bahwa pada rapat sebelumnya sudah dilakukan sinergi dan harmonisasi melalui "menyatukan langkah" seluruh pihak yang terlibat, sehingga saat ini adalah momen yang tepat untuk bergerak "lebih cepat" dengan fokus pada waktu dan Program Prioritas.

Rapat Pleno ini bertujuan memberikan laporan terkini sekaligus meminta arahan Ketua Harian atas pelaksanaan berbagai program kerja KNEKS, baik 13 Program Prioritas yang telah disepakati pada rapat pleno sebelumnya di 2021, maupun program kerja KNEKS lainnya.

Selain itu, dalam rapat juga dilakukan pemutaran video capaian Program Kerja KNEKS, yang mana dari 13 program prioritas terdapat 8 program yang sudah terealisasi dan diharapkan akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) yang besar terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Semua inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan Pusat Produsen Halal Dunia, di antaranya terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi syariah kemenkeu sri mulyani keuangan syariah wapres ma'ruf amin
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top