Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagi-Bagi Dividen Nih! Berikut Jadwal Cum Dividen Dua Bank Pekan Ini

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), ada dua bank yang akan membagikan dividennya minggu ini. Mereka adalah PT Bank Permata Tbk. (BNLI) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD).
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Nasabah bertransaksi di banking hall Bank Permata, di Jakarta, Kamis (27/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak dua perbankan menjadwalkan akan membagikan dividen tunai tahun buku 2021. Catat jadwal cum dividennya.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), keduanya adalah PT Bank Permata Tbk. (BNLI) dan PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD).

Dalam RUPST yang diselenggarakan pada Jumat (20/5/2022) di Jakarta, emiten bersandi saham BNLI atau Bank Permata menetapkan bakal membagikan dividen tunai senilai Rp307,54 miliar atau sebesar Rp8,5 per saham.

Sebagaimana diketahui, Bank Permata menutup tahun 2021 dengan raihan laba bersih sebesar Rp1,2 triliun atau naik 71 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Bank Permata menjadwalkan cum date pembagian dividen di pasar reguler dan negosiasi berlangsung pada 31 Mei 2022, sedangkan di pasar tunai berlangsung pada 3 Juni.

Perlu diingat, cum date atau tanggal cum dividen adalah tanggal terakhir untuk seorang investor mendaftarkan diri ke suatu perusahaan untuk mendapatkan dividen dari kepemilikan sahamnya. Jika melewati jadwal, maka investor tidak berhak untuk mendapatkan dividen.

Kemudian, awal perdagangan saham tanpa hak dividen (ex dividen) di pasar reguler dan negosiasi jatuh pada 2 Juni 2022, sedangkan di pasar tunai pada 6 Juni 2022.

Sementara itu, tanggal recording date daftar pemegang saham yang berhak atas dividen berlangsung pada 3 Juni 2022 dan tanggal pembayaran dividen dilaksanakan pada 21 Juni 2022.

Selanjutnya, PT Bank Mestika Dharma Tbk. (BBMD) akan membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar Rp138 miliar atau Rp34,26 per saham. Keputusan tersebut sesuai dengan RUPST perseroan yang telah dilaksanakan pada Selasa (24/5/2022) di Medan.

Diketahui, Bank Mestika membukukan laba bersih sebesar Rp519,58 miliar atau naik 59,41 persen yoy sepanjang 2021.

Emiten bersandi saham BBMD ini menjadwalkan cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 3 Juni 2022, sedangkan 7 Juni 2022 menjadi cum dividen di pasar tunai.

Sementara itu, ex-dividen di pasar reguler dan negosiasi dijadwalkan pada 6 Juni 2022, sedangkan di pasar tunai pada 8 Juni 2022.

Setelah itu, 7 Juni 2022 ditetapkan sebagai periode recording date dan 24 Juni menjadi tanggal pembayaran dividen tunai tahun buku 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper