Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Digital bakal Kena Seleksi Alam, Pengamat LPPI Setuju dengan Bos BCA (BBCA)

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan ada 3 faktor yang menjadi penentu keberlangsungan bisnis bank digital di Tanah Air.
Salah satu tampilan bank digital yang ada di Indonesia. /Bisnis-Abdurachman
Salah satu tampilan bank digital yang ada di Indonesia. /Bisnis-Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Jahja Setiaatmadja sempat memproyeksikan nasib bank digital di Indonesia.Dalam webinar Bisnis Indonesia Banking Outlook yang digelar pada pertengahan September 2021, Jahja sempat meramalkan bahwa hanya akan ada 1–3 bank digital yang akan bertahan dalam satu dekade ke depan. 

Menanggapi hal tersebut, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin menilai secara natural, bank digital akan menghadapi seleksi alam.

“Bisa jadi itu benar hanya akan ada 3 bank digital yang bertahan. Prinsipnya adalah saya melihatnya ini seleksi alam saja, yang bisa bertahan dengan membangun sumber daya manusia yang melek digital dan sangat fokus konsentrasi di bidang itu untuk segmen manapun, saya rasa itu akan bertahan," kata Amin kepada Bisnis, Selasa (31/5/2022). 

Selain adanya SDM yang melek digital, Amin menilai bank digital yang memiliki infrastruktur lengkap dan ekosistem yang bagus di sekelilingnya juga menjadi prinsip bertahannya bank digital di Tanah Air. 

Adapun Amin mengatakan saat ini fintech bisa membeli BPR yang kemudian dijadikan bank digital. Sama halnya dengan bank besar, Amin menjelaskan bank besar juga sudah melakukan digitalisasi lantaran ingin memperbesar eksposur. 

Dari sana, bank besar mulai membeli bank kecil yang kemudian disulap menjadi bank digitalSebut saja BCA yang mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia pada November 2019 dan melahirkan Bank Digital BCA bernama blu. 

"Sudah banyak aksi-aksi korporasi yang kemudian bank besar itu membeli bank kecil dijadikan bank digital atau bank berubah menjadi bank digital,” jelasnya. 

Dengan demikian, Amin sependapat dengan ramalan bos BCA. Amin kembali menegaskan seleksi alam akan menentukan bank digital mana saja yang akan bertahan. 

“Yang kuat akan bertahan, kuat dalam bidang infrastruktur IT, bangunan ekosistem. Karena sekarang zamannya era digital enggak bisa bermain sendiri. Mereka [bank digital] harus melakukan kolaborasi, membangun ekosistem bersama dengan e-commerce, dengan fintech, dengan semua penyedia jasa keuangan termasuk insurtechSemuanya menjadi satu kesatuan ekosistem, kolaborasi yang bisa menguatkan bank itu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper