Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bitcoin Anjlok, Ini 8 Tips Investasi Aset Kripto

Simak 8 tips investasi aset kripto (cryptocurrency) saat harga Bitcoin anjlok.
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik

Lakukan Hal Ini Sebelum Investasi Kripto

8 Tips Investasi Aset Kripto saat Harga Bitcoin Anjlok


5. Jangan Beli karena Murah

Banyak orang yang menggunakan strategi “Beli Koinnya Saat Harga Turun!”. Meski tak ada salahnya melakukan hal itu, Anda bisa menyesal saat melakukan pembelian koin untuk jangka pendek karena harganya bisa terjun bebas.

Faktanya, dalam situasi yang sangat fluktuatif, Anda harus menjauhi pasar kripto karena tren penurunan dapat bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelum menemukan dukungan kuat. Jadi, Anda tidak harus membeli hanya karena harganya murah dan beli karena Anda memprediksi harganya bisa naik.

6. Lakukan Riset Mendalam

Riset yang tepat dapat menawarkan Anda arahan yang pasti dalam mengimplementasikan rencana perdagangan dan pada saat yang sama menjadi percaya diri hingga tegas dengan pilihan investasi Anda.

Banyak trader menerima sinyal dari berbagai perantara, pedagang profesional atau saran ahli dari bot perdagangan. Mereka pada dasarnya bukan ide yang buruk. Namun, Anda disarankan menggunakannya untuk melengkapi dan mengkonfirmasi analisis dari penelitian Anda.

Seperti yang kita tahu, sinyal dari perantara tidak dapat diandalkan dan juga bot perdagangan juga biasanya tidak peka terhadap tren pasar. Oleh karena itu, bot dan sinyal tidak sepenuhnya dapat diandalkan.

7. Hindari FOMO

Salah satu keterpurukan yang dialami investor kripto adalah fear of missing out atau FOMO. FOMO merupakan perasaan umum yang dimiliki semua investor, karena memang secara alami manusia itu tidak ingin mengalami kehilangan.

Biasanya, saat investor mengalami kondisi FOMO maka seringkali mengambil keputusan yang tidak tepat, alih-alih membuatnya berada dijalan keuntungan mereka mereka kehilangan fokus dan menyimpang dari rencana perdagangan mereka.

FOMO biasanya berasal dari tren media sosial, berita atau rumor yang dapat mendorong investor untuk mengambil tindakan sembrono, seperti meningkatkan lot perdagangan, memperdagangkan koin kripto yang tidak mereka pahami, meningkatkan volume perdagangan, menyetor lebih banyak untuk meningkatkan harga perdagangan dan sebagainya.

Cara terbaik untuk mengatasi FOMO adalah dengan tetap berpegang pada rencana dan penelitian perdagangan Anda, apa pun yang terjadi.

8. Gunakan Leverage dengan Tepat

Leverage mengacu pada modal pinjaman yang memungkinkan Anda untuk berdagang lebih dari setoran Anda yang sebenarnya. Leverage itu 1:100 yang berarti Anda dapat berdagang 100 kali lipat dari deposit Anda yang sebenarnya.

Namun, sebaik apapun leverage, nyatanya hal itu juga dapat membuat Anda meningkatkan kemungkinan likuidasi yang menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Jadi, semakin tinggi leverage yang digunakan maka semakin rendah toleransi volatilitas Anda dan semakin rendah leverage maka semakin besar margin kesalahan untuk berdagang. Anda tidak boleh menggunakan segala bentuk leverage jika Anda tidak memahami pasar cryptocurrency dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper