Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Mau Pinjam Rp50 Juta? KoinWorks Berani Bikin Instant Approval

KoinWorks membuat fitur Instant Approval bagi UMKM yang mengajukan pinjaman hingga Rp50 juta.
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Bisnis.com, JAKARTA -  Platform teknologi finansial pendanaan bersama (P2P lending) klaster produktif PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) menghadirkan fitur Instant Approval buat para UMKM selaku peminjam (borrower).

Chief Executive Officer KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan bahwa fitur ini memungkinkan UMKM untuk mendapat persetujuan pembiayaan dalam tiga hingga lima hari kerja setelah pengajuan pinjaman, dengan nominal hingga Rp50 juta.

"Penambahan fitur ini menjadi improvement kami, sejalan dengan tujuan untuk memberikan akses UMKM terhadap permodalan yang mudah dan cepat untuk mengembangkan bisnisnya," ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (20/8/2022).

Pria yang akrab disapa Ben ini menekankan bahwa fitur ini sekaligus menjadi solusi asesmen pengajuan pendanaan yang terus meningkat. Untuk menopangnya, KoinWorks pun menerapkan teknologi Artificial Intelligence dalam proses Know Your Customer (KYC).

Bagi UMKM pengguna internet banking, KoinWorks melengkapi fasilitas untuk menghubungkan akun KoinWorks dengan rekening bank pengguna untuk mempercepat asesmen pendanaan yang diajukan.

Harapannya, perubahan ini sejalan dengan misi awal KoinWorks, yaitu secara konsisten berkontribusi dalam mengatasi tantangan para pelaku UMKM, seperti akses permodalan dan infrastruktur digital.

"Dengan terus meningkatkan aplikasi dan basis pengguna yang kuat, KoinWorks optimis dapat memajukan pertumbuhan UKM Indonesia serta mendukung target pemerintah mewujudkan 30 juta UKM go digital pada tahun 2024," tambahnya.

Ben mengklaim kepercayaan pengguna kepada KoinWorks dalam menyediakan akses keuangan pun terus meningkat. Oleh karenanya, KoinWorks akan senantiasa berfokus pada pengembangan produk pendanaan untuk memberikan pengalaman lebih maksimal bagi pengguna, khususnya UKM. 

Salah satunya lewat Instant Approval ini, di mana menjadi salah satu upaya KoinWorks untuk melayani lebih dari 90 persen pelaku bisnis pengguna KoinWorks yang didominasi oleh usia produktif yang relatif muda, yaitu 24 hingga 36 tahun.

"Para pengguna kami terbilang pebisnis muda yang digital savvy, dan berasal dari berbagai industri. Misalnya, F&B, fesyen, dan home services, sehingga Instant Approval akan sangat membantu mereka dalam membuat keputusan bisnis," ungkap Ben.

Sebagai contoh, salah satu pengguna KoinWorks yang bergiat di bisnis kuliner 'Geprek Gian' Nova Putra Legian telah merasakan manfaat dari fasilitas pinjaman melalui platform KoinWorks dalam rangka mencari bekal ekspansi bisnis selama 2 tahun terakhir.

"Saya menggunakan modal usaha dari KoinWorks untuk membuka 17 cabang baru di wilayah Jabodetabek sejak tahun 2020, hingga saat ini Geprek Gian memiliki 24 gerai. Oleh karena itu, saya menyambut baik adanya Instant Approval ini karena dengan begitu pendanaan bisnis menjadi lebih efisien," ungkap Nova.

Sebagai informasi, berdasarkan laman resmi KoinWorks, pengguna yang telah dirangkul mencapai 1,65 juta, baik sebagai pemberi pinjaman (lender) maupun borrower. Sejak berdiri, KoinWorks telah menyalurkan pinjaman hingga Rp10,83 triliun, dengan Rp2,6 triliun di antaranya merupakan penyaluran sepanjang tahun berjalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper