Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Milik Konglomerat Alim Markus Resmi Diambil KBank

KBank dan KVF resmi miliki 67,50 persen saham bank milik konglomerat Alim Markus PT Bank Maspion Tbk. (BMAS).
Bank Maspion/Bisnis.com
Bank Maspion/Bisnis.com

Bisnis.com , JAKARTA -  Kasikorn Vision Financial Company Pte. Ltd. (KVF) resmi borong saham PT Bank Maspion Indonesia Tbk. (BMAS) milik konglomerat Alim Markus pada Jumat (28/10/2022). KVF menjadi  pemegang saham utama perusahaan setelah mengantongi kepememilikan baru sebesar 30,01 persen.

Saham tersebut dibeli langsung dari  PT Alim Investindo, PT Maspion, PT Husin Investama, PT Maspion Investindo serta lima pemegang saham individu lainnya. Bila dirinci, akumulasi saham sebesar 30,01 persen diperoleh dari PT Maspion sebesar 12,46 persen,  PT Alim Investindo sebesar 8,17 persen, PT Husin Investama sebesar  2,81 persen,  PT Maspion Investindo  sebesar 2,46 persen dan 4,11 persen persen dari lima pemegang saham individu. Kelengkapan proses  penjualan saham tersebut di bawah KVF dan perusahaanya yakni Kasikornbank Public Company Limited (KBank) 40,0 persen di BMAS.

Dengan kepemilikan saham baru tersebut, kepemilikan saham KBank kian gendut menjadi 67,5 persen. 

Untuk diketahui sebelumnya, proses akuisisi saham PT Bank Maspion Indonesia Tbk. berjalan sesuai rencana setelah  Presiden Kasikornbank Pipit Aneaknith mengatakan bahwa akuisisi diharapkan akan selesai pada akhir 2022.

" Dalam hal ini, akuisisi saham tersebut akan selesai pada saat persetujuan diberikan oleh otoritas terkait. Transaksi ini diharapkan akan selesai pada akhir 2022," jelas Presiden Kasikornbank Pipit Aneaknithi pada Mei 2022 dalam informasi di Bursa Efek Thailand, dikutip Senin (31/10/2022). 

Secara lebih lanjut, PT Bank Maspion berharap bahwa transaksi yang telah terjalin mampu memberikan akses yang lebih luas kepada  layanan perbankan oleh Perseroan  kepada investor -investor Thailand.

" Transaksi tersebut diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas layanan jasa perbankan oleh Perseroan
kepada investor-investor Thailand yang telah melaksanakan investasinya di Indonesia," tulis Bank Maspion

Ditambahkan pula bahwa suksesi akuisisi juga diharapkan mampu mendorong investasi yang dilakukan baik di kantor pusat maupun cabang perusahaan terkait.
 
"Terutama investasi-investasi yang dilakukan di lokasi yang sama dengan lokasi kantor pusat dan jaringan kantor cabang Perseroan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yang pada akhirnya diharapkan dapat
meningkatkan kinerja Perseroan," tulis Bank Maspion dalam  informasi di Bursa Efek Indonesia, pada Senin (31/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper