Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BCA, DBS, dan Mandiri jadi Bank Terbaik Indonesia versi Forbes, Ini Sebabnya

Bank Central Asia, Bank DBS, dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia versi forbes tahun ini.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 15 November 2022  |  20:25 WIB
BCA, DBS, dan Mandiri jadi Bank Terbaik Indonesia versi Forbes, Ini Sebabnya
Bank Central Asia, Bank DBS, dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia versi forbes tahun ini. - Bisnis/Rika Anggraeni
Bagikan

Bisnis.com , JAKARTA - Majalah Forbes merilis daftar perbankan terbaik pada tahun ini. Bank BCA, Bank DBS dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia pada 2022.

Kinerja positif ketiga bank tersebut tak lepas dari upaya sumber daya manusia (SDM) atau para pegawai dalam menjalankan perencanaan dan pelaksanaan sebagai penggerak utama dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Dilaporkan dari laman Forbes, Bank BCA dilaporkan memiliki 24.000 karyawan, Bank DBS tercatat memiliki 3.000 karyawan dan Bank Mandiri dengan 37.000 karyawan.

Lantas, dengan total karyawan yang mencapai puluhan ribu, berapa beban biaya karyawan yang digelontorkan ketiga perusahaan perbankan tersebut?

Bank Terbaik di Indonesia versi Forbes

1. Bank Central Asia (BCA)

PT Bank Central Asia Tbk. menjadi bank terbaik di Indonesia pada 2022 menurut majalah Forbes. Berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2022, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) memiliki jumlah karyawan sebanyak 24.955.

Mengacu pada laporan laba rugi laba komprehensif lain konsolidasi periode sembilan bulan pertama tahun 2022, beban karyawan tercatat tumbuh 7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp10,7 triliun.

Jika dibagi secara bulanan, 24.955 karyawan BCA masing-masing mendapat biaya tembus hingga 47,66 juta per bulannya mencakup gaji, kesejahteraan dan kompensasi karyawan, imbalan pasca-kerja, pelatihan hingga iuran dana pensiun.

2. Bank DBS Indonesia

PT Bank DBS Indonesia duduk di posisi kedua sebagai bank terbaik di Indonesia pada tahun ini versi majalah Forbes.

Dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain periode 9 bulan pertama hingga 30 September 2022, Bank DBS menaikkan beban biaya tenaga kerja senilai 8 persen secara tahunan menjadi Rp1,17 triliun.

Saat ini Bank DBS memiliki 3090 karyawan. Jika dibagi secara prorata tiap karyawan akan memperoleh biaya karyawan Rp42,22 juta per bulannya.

3. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi bank ketiga yang masuk dalam laporan World Best Bank's 2022.

Bank Mandiri juga menjadi satu-satunya bank BUMN yang masuk ke dalam tiga besar bank terbaik di Indonesia tahun ini versi majalah forbes.

Mengacu pada laporan sementara yang dibagikan, beban biaya karyawan pada kuartal III/2022 tumbuh 9 persen secara yoy menjadi Rp17,65 triliun.

Dengan asumsi 37 ribu karyawan, jika dibagi secara prorata masing-masing pegawai mendapat Rp53,01 juta per bulannya yang mencakup gaji, tunjangan dan sejumlah biaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

forbes bca bank mandiri dbs
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top