Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA, DBS, dan Mandiri jadi Bank Terbaik Indonesia versi Forbes, Ini Sebabnya

Bank Central Asia, Bank DBS, dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia versi forbes tahun ini.
Bank Central Asia, Bank DBS, dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia versi forbes tahun ini. /Bisnis-Rika Anggraeni
Bank Central Asia, Bank DBS, dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia versi forbes tahun ini. /Bisnis-Rika Anggraeni

Bisnis.com , JAKARTA - Majalah Forbes merilis daftar perbankan terbaik pada tahun ini. Bank BCA, Bank DBS dan Bank Mandiri masuk ke dalam 3 besar bank terbaik di Indonesia pada 2022.

Kinerja positif ketiga bank tersebut tak lepas dari upaya sumber daya manusia (SDM) atau para pegawai dalam menjalankan perencanaan dan pelaksanaan sebagai penggerak utama dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Dilaporkan dari laman Forbes, Bank BCA dilaporkan memiliki 24.000 karyawan, Bank DBS tercatat memiliki 3.000 karyawan dan Bank Mandiri dengan 37.000 karyawan.

Lantas, dengan total karyawan yang mencapai puluhan ribu, berapa beban biaya karyawan yang digelontorkan ketiga perusahaan perbankan tersebut?

Bank Terbaik di Indonesia versi Forbes

1. Bank Central Asia (BCA)

PT Bank Central Asia Tbk. menjadi bank terbaik di Indonesia pada 2022 menurut majalah Forbes. Berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2022, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) memiliki jumlah karyawan sebanyak 24.955.

Mengacu pada laporan laba rugi laba komprehensif lain konsolidasi periode sembilan bulan pertama tahun 2022, beban karyawan tercatat tumbuh 7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp10,7 triliun.

Jika dibagi secara bulanan, 24.955 karyawan BCA masing-masing mendapat biaya tembus hingga 47,66 juta per bulannya mencakup gaji, kesejahteraan dan kompensasi karyawan, imbalan pasca-kerja, pelatihan hingga iuran dana pensiun.

2. Bank DBS Indonesia

PT Bank DBS Indonesia duduk di posisi kedua sebagai bank terbaik di Indonesia pada tahun ini versi majalah Forbes.

Dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain periode 9 bulan pertama hingga 30 September 2022, Bank DBS menaikkan beban biaya tenaga kerja senilai 8 persen secara tahunan menjadi Rp1,17 triliun.

Saat ini Bank DBS memiliki 3090 karyawan. Jika dibagi secara prorata tiap karyawan akan memperoleh biaya karyawan Rp42,22 juta per bulannya.

3. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi bank ketiga yang masuk dalam laporan World Best Bank's 2022.

Bank Mandiri juga menjadi satu-satunya bank BUMN yang masuk ke dalam tiga besar bank terbaik di Indonesia tahun ini versi majalah forbes.

Mengacu pada laporan sementara yang dibagikan, beban biaya karyawan pada kuartal III/2022 tumbuh 9 persen secara yoy menjadi Rp17,65 triliun.

Dengan asumsi 37 ribu karyawan, jika dibagi secara prorata masing-masing pegawai mendapat Rp53,01 juta per bulannya yang mencakup gaji, tunjangan dan sejumlah biaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper