Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Begini Siasat Hanwha Life 'PDKT' ke Lippo Group, Sebelum Caplok LPGI

Hanwha Life Insurance Co., Ltd (Hanwha Life Korea) teken nota kesepahaman (MoU) dengan Lippo Group.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 28 November 2022  |  19:10 WIB
Begini Siasat Hanwha Life 'PDKT' ke Lippo Group, Sebelum Caplok LPGI
Kantor Pusat Hanwha Life Insurance, Korea. - hanwha.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Menjelang aksi akuisisi saham milik PT Lippo General Insurance Tbk. (LPGI), Hanwha Life Insurance Co., Ltd (Hanwha Life Korea) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Lippo Group pada 16 November 2022 di World Trade Center 1, Jakarta.

Manajemen mengungkapkan bahwa penandatanganan tersebut akan memperluas kerja sama antara Hanwha Group dan Lippo Group. Di samping itu, Hanwha Life juga merupakan perusahaan asuransi Korea pertama yang masuk ke Indonesia.CEO Hanwha Life Insurance Co., Ltd. Yeo Seung Joo mengungkapkan bahwa kerja sama strategis dengan Lippo Group dapat membuka peluang kerja sama multi sektor selain asuransi, yakni dalam sektor finansial (bank digital hingga manajemen aset), teknologi digital, dan kesehatan.

“Melalui penandatanganan MoU ini, Hanwha Life dan Lippo Group berkomitmen untuk merintis masa depan bersama di Indonesia, sekaligus membuka peluang kerja sama dalam berbagai sektor selain asuransi,” ujar Seung Joo dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Sepanjang 2021, perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Korea itu mencatatkan aset sebesar Rp1.881 triliun (KRW163,6 triliun). Adapun, anak perusahaan Hanwha Life Insurance, PT Hanwha Life Insurance Indonesia tercatat memiliki aset senilai Rp2,06 triliun pada kuartal III/2022.

Hanwha Life sendiri adalah bagian dari Hanwha Group, grup konglomerasi terbesar ke-7 di Korea. Pada tahun 2021, total aset Hanwha Group mencapai lebih dari Rp2.500 triliun (KRW224,6 triliun).

Adapun saat ini, Hanwha Group juga tengah dalam proses mengakuisisi 62,6 persen saham Lippo General Insurance yang merupakan bisnis asuransi milik Lippo Group. Sementara itu, sampai dengan 28 November 2022, manajemen mengungkapkan bahwa proses akuisisi ini masih dalam proses persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam keterbukaan informasi pada 5 April 2022, LPGI mengumumkan bahwa PT Inti Anugerah Pratama (IAP) dan PT Star Pacific Tbk. (Star) telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat secara terpisah dengan Hanwha General Insurance (HGI) dan HLII pada 1 April 2022 dengan total 62,59 persen saham LPGI milik IAP dan Star.

Dalam pengumumannya, manajemen LPGI menyampaikan Hanwha Life Insurance Indonesia akan membeli sejumlah saham milik IAP sebanyak 42,79 persen saham dan Hanwha General Insurance akan menggenggam 14,9 persen saham milik Star.

Sebelumnya, Presiden Direktur Lippo General Insurance Agus Benjamin menuturkan bahwa aksi akuisisi tersebut masih dalam proses pengajuan kepada OJK. 

“Masih proses pengajuan persetujuan ke OJK, dan 62,59 persen bukan Hanwha Life Insurance semua,” terang Agus kepada Bisnis, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Hanwha Life lippo group lippo insurance
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top