Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Bankir Bank Jumbo Banting Setir Jadi Nakhoda Bank Digital

Indra Utoyo dan Tigor M. Siahaan jadi eks direksi bank jumbo yang menjabat sebagai dirut bank digital.
Ilustrasi bank digital. /facebook.com/WeBankCN
Ilustrasi bank digital. /facebook.com/WeBankCN

Bisnis.com, JAKARTA — Bank digital telah menjadi magnet baru bagi para bankir senior. Sebagai bank yang dianggap bentuk layanan keuangan pada masa yang akan datang, sejumlah bankir dari bank-bank besar pun telah banting setir ikut merintis bank digital. 

Sebut saja Indra Utoyo yang merupakan eks direktur IT PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) yang kini menjadi Direktur Utama PT Allo Bank Indonesia, Tbk. (BBHI) Indra ditunjuk pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (20/5/2022).

Selain Indra, mantan direktur utama PT Bank CIMB Niaga Tbk., yakni Tigor M. Siahaan juga kini bertolak masuk ke dalam jajaran direksi salah satu bank digital yakni PT Bank Fama International.

Sebagai informasi, Tigor menjalankan kepemimpinannya di CIMB Niaga selama hampir 7 tahun sejak 2015 hingga 2021. Tigor kemudian menjabat sebagai direktur utama di bank milik Emtek Group dan Singtel yang telah mengumumkan niat  bertransformasi menjadi bank digital.

Nama lain yang meninggalkan bank besar dan bergabung merintis bank digital adalah Arief Harris Tandjung. Arief Harris diangkat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Jago sesuai hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 15 November 2019 dan efektif menduduki jabatannya pada 18 Maret 2020.

Sebelumnya dia menjabat sebagai direktur keuangan PT Bank BTPN Tbk. Sebagaimana diketahui, Bank Jago merupakan bank digital besutan Jerry Ng, eks direktur utama BPTN. 

Selain Arief, sejumlah eksekutif Bank Jago juga merupakan mantan petinggi di BTPN, seperti Komisaris Anika Faisal yang sebelumnya merupakan direktur kepatuhan dan sekretaris perusahaan BTPN. Kemudian ada pula Peterjan Van Nieuwenhuizen, eks head digital banking BTPN yang kini menjabat sebagai direktur Bank Jago. 

Seabank, bank digital dalam ekosistem Shopee juga menarik sejumlah bankir bank besar. Direktur Kepatuhan & Manajemen Resiko
Joice Farida Rosandi sebelumnya sempat berkarir di Bank CIMB Niaga, Bank Permata, dan BRI. 

Senada dengan Joice, Direktur Keuangan Seabank Lindawati Octaviani juga merupakan eks bankir Bank Permata dan CIMB Niaga. Dia sempat menjabat sebagai head of business banking initiative, Sstrategy & finance CIMB Niaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper