Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merger Asuransi Cigna–Chubb Life Dijalankan, Ada Karyawan Terdampak

Karyawan-karyawan terkena dampak dari penggabungan atau memutuskan untuk tidak bergabung dengan Chubb Life setelah penggabungan akan menerima paket pesangon.
Petugas beraktivitas di dekat logo-logo asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Selasa (23/8/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Petugas beraktivitas di dekat logo-logo asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Selasa (23/8/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Manajemen perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Cigna (Asuransi Cigna) mengumumkan skema penggabungan perusahaan dengan PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life).


Dalam pengumuman media bertanggal 19 Desember 2022, merger ini akan mempertahankan Chubb Life sebagai penerima izin.

“Dengan ini direksi PT Chubb Life Insurance Indonesia dan PT Asuransi Cigna mengumumkan rencana penggabungan antar Chubb Life dan Asuransi Cigna, di mana Chubb Life menjadi entitas yang menerima penggabungan,” jelas direksi PT Asuransi Cigna dalam pengumuman, dikutip pada Rabu (21/12/2022).

Direksi menyampaikan penggabungan ini akan efektif dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penggabungan dan Kementerian Hukum dan hak asasi manusia atas perubahan anggaran dasar perusahaan yang menerima penggabungan telah masing-masing diperoleh.

Untuk diketahui, Chubb Life sendiri adalah perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha asuransi jiwa dan berkedudukan hukum di Jakarta Pusat. Sementara Asuransi Cigna adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha asuransi jiwa yang berkedudukan di Jakarta Selatan. Sebagai akibat dari penggabungan, maka Asuransi Cigna akan berakhir demi hukum tanpa didahului dengan likuidasi sesuai dengan UUPT.

Adapun, alasan penggabungan kedua perusahaan asuransi jiwa ini dilakukan sebagai reorganisasi korporasi usaha asuransi jiwa grup Chubb di Indonesia. Merger sekaligus bertujuan untuk memperkuat sinergi bisnis, serta untuk meningkatkan posisi di industri asuransi jiwa Tanah Air.

“Penggabungan ini juga untuk memperkuat struktur permodalan yang memungkinkan perusahaan memberikan spektrum yang lebih luas dari solusi asuransi kepada mitra, nasabah, dan klien dari Chubb Life dan Asuransi Cigna,” tambahnya.

Direksi mengungkapkan bahwa pada dan sejak tanggal efektif penggabungan, semua perjanjian-perjanjian dan kontrak-kontrak dengan pihak ketiga atau kreditor yang telah ditandatangani oleh Asuransi Cigna akan beralih kepada Chubb Life sebagai entitas yang menerima penggabungan.

Oleh karena itu, Chubb Life akan menggantikan posisi Asuransi Cigna sebagai pihak dalam perjanjian-perjanjian dan kontrak-kontrak tersebut. Namun demikian, direksi menegaskan bahwa tidak akan ada perubahan pada kontrak di mana Chubb Life sebagai pihak.

Sementara itu, pada dan sejak tanggal efektif penggabungan seluruh hak dan kewajiban Asuransi Cigna yang timbul dari polis-polis asuransi yang ditanggung dan diterbitkan Asuransi Cigna akan menjadi hak dan kewajiban Chubb Life, dan penggabungan tidak akan mengurangi hak dari pemegang polis asuransi dan tertanggung.

“Karyawan-karyawan yang terkena dampak dari penggabungan atau memutuskan untuk tidak bergabung dengan Chubb Life setelah penggabungan akan menerima paket pesangon yang tidak kurang dari paket pesangon wajib berdasarkan peraturan-peraturan dan perundang-undangan ketenagakerjaan,” jelasnya.

Sebelumnya dalam pernyatan resminya, Juli 2022 lalu, Chubb Limited mengakuisisi bisnis asuransi Cigna di enam pasar Asia Pasifik. Melalui akuisisi ini, Chubb membayar US$5,36 miliar untuk akuisisi bisnis kecelakaan dan kesehatan (A&H) Cigna dan lini jiwa di Korea, Taiwan, Selandia Baru, Thailand, Hong Kong, dan Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper