Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Finance Kembali Raih Trusted Company pada GCG Award

BRI Finance optimistis menghadapi kondisi ekonomi 2023 yang diproyeksi lebih menantang dengan menargetkan kinerja terus bertumbuh.
Logo BRI Finance./Bisnis.com
Logo BRI Finance./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA- PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) kembali meraih prestasi sebagai Perusahaan Tepercaya (Trusted Company) dalam ajang Good Corporate Governance Award 2022, yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Penghargaan yang sama telah diterima BRI Finance selama empat tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diraih atas kinerja perusahaan selama periode 2021 dan diberikan pada 20 Desember 2022 lalu.

Adapun tema CGPI 2021 yakni “Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance”. Dalam penilaian, dilakukan analisis dan memastikan penerapan GCG pada perusahaan-perusahaan di Indonesia.


Menurut Direktur Utama BRI Finance, Azizatun Azhimah, atau yang biasa dipanggil Azizah, keikutsertaan BRI Finance secara konsisten dalam ajang Good Corporate Governance Award adalah sebagai wujud komitmen dari Dewan Komisaris, Direksi dan segenap jajaran perseroan untuk meningkatkan kualitas penerapan GCG.

Azizah melanjutkan, dalam penilaian nya IICG menggunakan metode kuesioner yang harus diisi oleh responden yang memenuhi syarat, baik internal maupun eksternal.

“Sehingga dapat dipetakan aspek-aspek mana sajakah yang telah memenuhi indikator atau standar kualitas penerapan GCG yang hendak dicapai oleh perseroan. Juga aspek-aspek yang masih kurang sehingga perlu perbaikan internal. Kami berkeyakinan bahwa peningkatan kualitas penerapan GCG menjadi salah satu enablers/tools untuk mendukung dan memaksimalkan kinerja pilar-pilar utama guna mencapai aspirasi perseroan,” demikian Azizah menjelaskan, dikutip pada Senin (26/12/2022).


Dengan landasan GCG yang terbukti sangat baik dan kuat, perseroan pun optimistis membukukan pertumbuhan bisnis ke depan. BRI Finance optimistis menghadapi kondisi ekonomi 2023 yang diproyeksi lebih menantang dengan menargetkan kinerja terus bertumbuh, seiring langkah perseroan memperkuat sumber pendanaan yang tangguh.  

Azizah menyebutkan target aset tahun depan mencapai Rp8,36 triliun atau tumbuh sebesar 13,32 persen, sedangkan untuk laba dipatok meningkat mencapai 80 persen. Adapun target pertumbuhan laba bersih tahun ini sudah dicapai pada Oktober lalu dengan nilai Rp70,8 miliar.

Pihaknya pun optimistis membukukan laba mencapai Rp84 miliar hingga 2022 berakhir.

“Dengan berbagai langkah strategis yang kami ambil, kami optimistis laba akan naik terus ke depan. Ini laba tertinggi [pada 2022] dan ke depan insya Allah akan naik terus,” kata Azizah.

Untuk memperkuat kinerja keuangan ke depan, pihaknya pun melakukan diversifikasi sumber pendanaan. Terkait hal itu, Direktur Manajemen Risiko BRI Finance Ari Prayuwana mengatakan perseroan menyeimbangkan komposisi pembiayaan jangka panjang dan jangka pendek secara bertahap dan sudah dilakukan dari tahun lalu.

“Sebelumnya memang sumber pendanaan kami jangka pendek itu besar sekali. Justru sekarang sumber pendanaan jangka panjang agak lebih besar di atas 50%. Sudah lebih dominan karena strategi kami pembiayaannya memang jangka panjang,” ujar Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper