Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sama-Sama Putuskan Suku Bunga Hari Ini, BI dan Bank Sentral Filipina Diproyeksi Beda Arah

Para ekonom memproyeksikan Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuan, sementara bank sentral Filipina masih akan menaikkan suku bunga. 
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Filipina

Meskipun proyeksi para ekonom secara adil terbagi antara kenaikan 25 dan 50 basis poin, salah satunya akan cukup untuk mengembalikan tingkat suku bunga BSP ke level tertinggi sejak November 2008.

Dengan kenaikan indeks harga konsumen (IHK) di level tertinggi 14 tahun, ekspektasi inflasi akan menjadi barometer utama untuk lintasan suku bunga ke depannya karena bank sentral telah berjanji untuk mengatasi efek tekanan biaya.

Nicholas Mapa dari ING Groep NV memperkirakan akan terjadi pergerakan 50 basis poin. Dirinya menyampaikan bahwa pembuat kebijakan perlu menunjukkan komitmen untuk memerangi inflasi.  

“BSP akan mengalihkan perhatiannya ke solusi berorientasi sisi penawaran sambil menunggu pukulan keras dari pengetatan paling agresif dalam dua dekade,” katanya.

Survei Bloomberg menunjukkan kemungkinan suku bunga akan naik melampaui level tertinggi dan akan bertahan lebih lama. Sebelum data inflasi Januari dirilis, Gubernur BSP Felipe Medalla memperkirakan siklus kenaikan suku bunga akan berakhir pada awal kuartal I/2023.

Dalam rapat hari ini, BSP akan mengungkap revisi perkiraan inflasi serta laporan kebijakan moneter triwulanan yang komprehensif.

Pandangan tentang pertumbuhan ekonomi mungkin juga terbukti penting untuk jalur suku bunga utama karena serangkaian tantangan dapat memperlambat ekspansi dari level tertinggi hampir setengah dekade tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper